Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Uji Kompetensi Bab 7 PPKn Kelas XI Halaman 40 (Tantangan Integrasi Nasional)

Uji Kompetensi Bab 7 (Menatap Tantangan Integrasi Nasional)
PPKn (PKN)
Halaman 40
Kelas XI (11) SMA/SMK/MAK
Semester 2 K13

Jawaban Uji Kompetensi Bab 7 PPKn Kelas XI Halaman 40 (Tantangan Integrasi Nasional)

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat!
1. Jelaskan posisi silang negara Indonesia baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial!
Jawab:
Penjelasan posisi silang negara Indonesia baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial adalah sebagai berikut:

a. Penduduk Indonesia berada diantara daerah berpenduduk padat diutara dan daerah berpenduduk jarang di selatan.
b. Ideologi Indonesia terletak antara komunisme diutara dan lberialisme di selatan.
c. Demokrasi Pancasila berada diantara demokrasi rakyat diutara (Asia daratan bagian Utara) dan demokrasi liberal di Selatan.
d. Ekonomi Indonesia berada diantara sistem ekonomi sosialis diutara dan sistem ekonomi kapitalis diselatan.
e. Masyarakat indonesia berada diantara masyarakat sosialis diutara dan masyarakat individualis diselatan.
f. Kebudayaan indonesia diantara kebudayaan timur diutarra dan kebudayaan barat diselatan.
___________________________________________

2. Mengapa posisi silang negara Indonesia bukan hanya merupakan potensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional?
Jawab:
Alasan atau sebab Mengapa posisi silang negara Indonesia bukan hanya merupakan potensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional adalah sebagai berikut:

Karena posisi silang ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak terbebas dari ancaman yang dapat memecah belah bangsa.Ancaman bagi integrasi nasional tersebut datang dari luar maupun dari dalam negeri Indonesia sendiri dalam berbagai dimensi kehidupan. Ancaman tersebut biasanya berupa ancaman militer dan non-militer.
___________________________________________

3. Jelaskan ancaman militer yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini?
Jawab:
Ancaman militer yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini adalah sebagai berikut:

Ancaman militer yang dikategorikan mengancam kedaulatan negara dapat berupa agresi/invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, dan ancaman keamanan laut dan udara.
___________________________________________

4. Mengapa ideologi Pancasila tidak bisa dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat!
Jawab:
Alasan Mengapa ideologi Pancasila tidak bisa dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat adalah sebagai berikut:

Karena sekarang pengaruh globalisasi masyarakat Indonesia yang cenderung mengarah pada kehidupan liberal yang menekankan pada aspek kebebasan individual
___________________________________________

5. Jelaskan strategi bangsa Indonesia dalam mengatasi ancaman-ancaman yang bersifat non-militer?
Jawab:
Strategi yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai macam ancaman non-militer ialah :

a. Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik
b. Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Ekonomi
c. Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Sosial Budaya
___________________________________________

6. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Cobalah perhatika situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan kamu lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu?
Jawab:
Hal pertama yang akan saya lakukan secara pribadi adalah, melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib atau pihak yang mampu melerai tawuran yang terjadi, karena secara umum tawuran yang terjadi belakang ini kebanyakan dilakukan oleh para remaja yang ambisi dalam melakukan perkelahian ini masih menggebu-gebu.

Dan perasaan saya sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi disekolah atau dikampung saya adalah SANGAT MEMPERIHATINKAN, kenapa? Karna sudah seharusnya kewajiban para Generasi Muda adalah untuk terus menuntut ilmu setinggi-tingginya bukan justru melakukan tawuran antar sekolah yang tentunya tidak membuahkan hasil sama sekali, dan hanya membuat kedua orang tuanya sedih jika melihat anak-anaknya bukannya belajar untuk masa depannya tetapi malah pulang kerumah dengan keadaan yang memperihatinkan bahkan ada juga akibat tawuran tersebut banyak anak remaja yang meninggal dengan keadaan tidak wajar (mati konyol).
___________________________________________