Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 167 Kegiatan 6.5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 8 halaman 167. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 6.5 Halaman 167 - 168, Buku siswa untuk semester 2 Kelas 7 SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Ulasan tentang Karya Kita Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13).

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 167 Kegiatan 6.5
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 167 Kegiatan 6.5

Kunci Jawaban Halaman 167 Kegiatan 6.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 

Kegiatan 6.5 Hal 167
1. Kamu baca berulang cerita novel Atheis!
2. Berikan penjelasan bagian-bagian dari struktur teks tersebut tersebut!
Kunci Jawaban : 

Struktur teks novel Atheis antara lain :

1. Identitas karya dalam novel Atheis mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Bagian ini mungkin saja tidak dinyatakan secara langsung. Hal itu seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu

2. Orientasi
Pada teks novel Atheis, struktur teks orientasi terdapat pada paragraf 1 halaman 154. Struktur orientasi ini menjelaskan dan memperkenalkan keunggulan dari novel tersebut yang merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh penghargaan dari Pemerintah RI dari tahun 1969, 1972dan tahun 1974.

3. Sinopsis
Sinopsis novel Atheis ini dapat kita temukan pada halaman 154 dari paragraf 2 - hingga paragraf 8 halaman 155. Di mana Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan yang tidak mempercayai Tuhan.

4. Analisis
Analisis novel Atheis ini terdapat pada paragraf ke 9 halaman 155. Di mana novel ini dikatakan banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Selain itu novel ini juga mengharapkan kita untuk pandai bergaul dan pandai membawa diri agar tidak tersesat dan mengingkari ajaran agama. 

5. Evaluasi
Bagian evaluasi Novel Atheis ini terletak pada keunggulannya di antaranya memberikan cerita  pelajaran hidup, selain itu novel Atheis ini juga memiliki bahasa yang mudah dicerna. Sedangkan kekurangan pada novel tersebut adalah ketersediaannya yang sudah sangat langka.

B. Pasangkanlah
1. Bahasa novel  yang sangat mudah untuk dipahami -
Kunci Jawaban : 
D. Analisis

2. Novel memberikan pelajaran pada kita untuk pandai bergaul.
Kunci Jawaban : 
E. Evaluasi
 
3. Atheis adalah novel terbaik mendapat penghargaan dari Pemerintah RI tahun 1969.
Kunci Jawaban : 
B. Orientasi

4. Judul novel : Atheis, Pengarang novel : Achdiat K. Mihardja. 
Kunci Jawaban : 
A. Identitas

5. Novel Atheis ini mengisahkan perjalanan hidup Hasan.
Kunci Jawaban : 
C. Sinopsis