Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kegiatan 7.1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 8 halaman 178. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 7.1 Halaman 178, Buku siswa untuk semester 2 Kelas 7 SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Berbahasa Persuasif Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Halaman 173 Kegiatan 7.1 Bahasa Indonesia Kelas 8 

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kegiatan 7.1
Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kegiatan 7.1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 178 Kegiatan 7.1

1. Apa yang dimaksud dengan teks persuasi?
Jawaban:

Teks persuasi adalah teks yang berisi ajakan atau bujukan kepada pembacanya agar melakukan hal yang dikemukakan oleh penulis.

2. Hal apa saja yang membedakan teks persuasi dengan jenis teks lainnya?
Jawaban:

Hal-hal yang membedakan teks persuasi dengan jenis teks lainnya adalah
  1. Teks persuasi berisi pernyataan-pernyataan yang berupa ajakan atau bujukan, yang bertujuan mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan penulisnya.
  2. Pada teks persuasi terdapat pendapat atau fakta yang digunakan untuk memengaruhi pembaca agar mau mengikuti bujukan-bujukan.
Jadi, pada garis besarnya, hal yang membedakan teks persuasi dengan teks yang lain adalah adanya ajakan, imbuan, atau bujukan yang disertai dengan rangkaian pendapat atau fakta yang menguatkan ajakan tersebut.

3. Apa yang diharapkan penulis teks persuasi untuk pembacanya?
Jawaban:

Yang diharapkan penulis teks teks persuasi untuk pembacanya adalah pembaca berbuat sesuatu sesuai dengan harapan penulisnya.

4. Apa fungsi fakta di dalam teks persuasi?
Jawaban:

Fungsi fakta dalam teks persuasi adalah untuk menguatkan argumen-argumen yang disampaikan oleh penulis atau pembicara.

5. Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif? Jelaskan!
Jawaban:

Kegiatan nonakademik sah-sah saja buat dijalankan. Apalagi dapat memaksimalkan diri sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang (argumentasi). Satu yang mesti kamu ingat, sebagai pelajar kegiatan utama kamu adalah belajar (fakta). Kamu harus pintar-pintar membagi waktu. Percaya deh, segala kegiatan positif akan menghasilkan kesuksesan (imbauan)

Cuplikan teks persuasif karena
  • Teks tersebut berisi argumentasi, yaitu kegiatan nonakademik dapat memaksimalkan diri untuk menghasilkan prestasi yang gemilang.
  • Teks tersebut mengandung fakta yaitu kegiatan utama pelajar adalah belajar.
  • Teks tersebut berisi imbuan kepada para pembaca untuk pintar membagi waktu antara kegiatan nonakademik dan kegiatan akademik.