Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Ayo Kita Latihan Halaman 19 IPA Kelas 7 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 19 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Ayo Kita Latihan Halaman 19-20-21. Buku siswa untuk Semester 2 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 7 Hal 19 Kegiatan 1.10 Bagian-Bagian Tubuh

Ayo Kita Latihan Halaman 19 IPA Kelas 7 [Kunci Jawaban]
Ayo Kita Latihan Halaman 19 IPA Kelas 7 [Kunci Jawaban]

Ayo Kita Latihan Halaman 19 IPA Kelas 7 [Kunci Jawaban]

Kegiatan 1.8 Bagian-Bagian Tubuh
Sistem organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsinya. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ-organ saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lainnya. Tanpa ada kerja sama dengan organ lain, maka proses dalam tubuh tidak akan terjadi. Sistem organ manusia lebih detil dapat dilihat pada Tabel 1.8. Sistem organ, organ, dan fungsi yang masih belum terisi silahkan kamu cari sendiri dari berbagai referensi. Ayo Kita Latihan 20 Kelas VII SMP/MTs Semester 2 Pelajari sistem organ manusia yang terdapat pada Tabel 1.8. Kemudian tuliskan nama masing-masing organ tersebut pada gambar yang tersedia. Tabel 1.8 Sistem Organ Manusia

Jawaban :

1. Sistem Organ: Sistem pencernaan
Organ: Mulut (lidah, gigi), faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, hati, rektum, pankreas, dan anus.
Fungsi: Mencerna makanan, mengabsorbsi molekul-molekul makanan yang sudah disederhanakan.

2. Sistem Organ: Sistem pernapasan
Organ: Hidung, faring, laring, rkhea, bronkus, paru-paru
Fungsi: Sebagai tempat pertukaran oksigen yang diperlukan tubuh dan karbon dioksida yang dikeluarkan dari jaringan tubuh.

3. Sistem Organ: Sistem gerak (rangka)
Organ: Tulang.
Fungsi: Menyokong dan melindungi organ dalam.

4. Sistem Organ: Sistem transportasi/ sirkulasi/ peredaran darah
Organ: Jantung, arteri, vena, kapiler, dan sel-sel darah.
Fungsi: Mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar dari sel tubuh, serta melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit.

5. Sistem Organ: Sistem saraf
Organ: Otak, sumsum tulang belakang, sel saraf
Fungsi: Menerima informasi atau rangsangan dari semua bagian tubuh, kemudian mengontrol dan mengendalikan informasi tersebut untuk menghasilkan respons ke seluruh tubuh.

6. Sistem Organ: Sistem ekskresi
Organ: Paru-paru, ginjal, kulit, dan hati.
Fungsi: Mengeluarkan sisa metabolisme yang tidak terpakai dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan sel dengan lingkungannya.

7. Sistem Organ: Sistem reproduksi
Organ: Ovarium, rahim, dan vagina.
Fungsi: Perkembangbiakan.