Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 108, 109 Kegiatan 4.4 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 8 halaman 108, 109. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 4.4 Halaman 108, Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Indahnya Berpuisi Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Kegiatan 4.4 Halaman 108 Bahasa Indonesia Kelas 8 

Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 108, 109 Kegiatan 4.4 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 108, 109 Kegiatan 4.4 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 108, 109 Kegiatan 4.4 [Kunci Jawaban]

Kegiatan 4.4
1. Berdasarkan cara pengungkapannya, termasuk ke dalam jenis apakah puisipuisi di bawah ini?
2. Sajikanlah pendapat-pendapatmu itu ke dalam format laporan seperti berikut. Buatlah laporan dalam kertas manila, postit, dan kertas sejenis lainnya. Kerjakanlah bersama kelompokmu!
Jawaban 1 :

Puisi I
Jenis: PUISI LIRIK, yaitu ELEGI.
Alasan: Puisi Peristiwa Tadi Pagi termasuk elegi karena pada puisi ini menceritakan kesedihan penyair mengenai peristiwa tadi pagi yang ia temui.

Puisi II
Jenis: PUISI DESKRIPTIF, yaitu SATIRE.
Alasan: Puisi Tengadah ke Bintang-Bintang termasuk satire karena pada puisi ini penyair mengungkapkan ketidakpuasannya atas diri sendiri dengan menggunakan kata-kata yang menyindir atau merendahkan diri.

Puisi III
Jenis: puisi DESKRIPTIF, yaitu puisi KRITIK SOSIAL
Alasan: Puisi Peninjauan Nuklir termasuk kritik sosial karena pada puisi ini penyair mengungkapkan ketidaksenangan penyair pada peninjuan nuklir dengan menunjukkan ketidakberesan keadaan yang terjadi dengan uji coba nuklir

Penjelasan:
Jenis-jenis puisi berdasarkan ungkapan isi atau gagasannya terbagi menjadi tiga, yaitu
  1. Puisi Naratif, yaitu puisi yang mengungkapkan cerita sang penulis.
  2. Puisi Lirik, yaitu puisi yang berisi ungkapan perasaan sang penulis.
  3. Puisi deskriptif, yaitu puisi yang memberi kesan terhadap keadaan/peristiwa, benda, atau suasana yang dipandang menarik perhatian sang penulis
Jawaban 2 :

Puisi I (Peristiwa Tadi Pagi)
Jenis: puisi lirik, yaitu ELEGI.
Alasan: Karena pada puisi ini menceritakan kesedihan penyair mengenai peristiwa tadi pagi yang ia temui.

puisi 2:jenis puisi naratif ,karena menceritakan kisah hidup dg rasa rendah hati walau telah meraih kejayaan .

Puisi 3 ‘Peninjauan Nuklir’ termasuk dalam jenis puisi DESKRIPTIF, yaitu puisi KRITIK SOSIAL. Karena Pada kutipan larik-larik tersebut, penyair mengungkapkan ketidaksenangan penyair pada peninjuan nuklir dengan menunjukkan ketidakberesan keadaan yang terjadi dengan uji coba nuklir.


3. Pajang atau tempelkanlah laporan kelompokmu itu di papan tulis atau di dinding kelas dengan perekat yang tidak mengotorinya. 
4. Mintalah kelompok lain untuk mengunjungi pajangan kelompokmu itu untuk memberikan tanggapan/penilaian dengan membubuhkannya langsung. 
5. Rumuskanlah simpulan kelas tentang jenis-jenis dari ketiga puisi itu berdasarkan kesepahaman pendapat dari setiap kelompok.