Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 109 Tabel 4.4

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 10 halaman 108 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tabel 4.4 Halaman 108, 109. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas X SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah Kelas 10 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 108 PKN Kls 10 Tugas Mandiri 4.3

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 109 Tabel 4.4
Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 109 Tabel 4.4

Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 109 Tabel 4.4

Tugas Mandiri 4.3
Untuk lebih memahami penguasaan tentang makna, kedudukan, dan peran pemerintah pusat, coba diskusikan dengan teman satu kelompok tentang hal-hal sebagai berikut.

Tabel 4.4 Makna Kedudukan dan Peran Pemerintah Pusat

Jawaban :
1. Makna Pemerintah Pusat
Pemerintah pusat merupakan suatu pemerintahan paling atas di ketatanegaraan Indonesia, dengan pihak penyelenggaranya ialah presiden dibantu oleh wakil presiden serta menteri-menteri negara.

2. Fungsi Penyelenggaraan Pemerintahan
Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pemerintah pusat memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi layanan, fungsi pengaturan, dan fungsi pemberdayaan. Berikut pengertiannya.
  • Fungsi layanan atau servicing function merupakan fungsi pemerintah pusat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara yang tidak benar, tidak diskriminatif, memberatkan, serta kesetaraan kualitas.
  • Fungsi pengaturan atau regulating function merupakan fungsi pemerintah pusat yang bertujuan untuk menegaskan kebijakan yang dinamis untuk mengatur kehidupan masyarakat serta menjalankan kehidupannya sebagai warga negara.
  • Fungsi pemberdayaan merupakan fungsi pemerintah pusat  untuk memberikan pemberdayaan kepada masyarakat terkait persoalan yang dihadapinya, dengan kata lain pemerintah berperan sebagai fasilitator dan motivator bagi masyarakat.

3. Kewenangan Pemerintah Pusat
Selain fungsi layanan, pengaturan, dan pemberdayaan, pemerintah pusat juga diberikan kewenangan lain, antara lain sebagai berikut:
  • Perencanaan nasional dan pengendalian pembangunan nasional secara makro.
  • Dana perimbangan keuangan.
  • Sistem administrasi negara dan lembaga perekonomian negara.
  • Pembinaan dan pemberdayaan sumber daya manusia.
  • Pendayagunaan sumber daya alam dan pemberdayaan sumber daya strategis.
  • Konservasi dan standarisasi nasional.