Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 70, 71 Refleksi

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 11 halaman 70. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tuliskan contoh-contoh perilaku kalian yang mencerminkan upaya menegakkan nilai-nilai demokrasi. Halaman 70. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas XI SMA/SMK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 70 PKN Kls 11

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 70, 71 Refleksi
Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 70, 71 Refleksi

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 70, 71

Kalian sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai ujung tombak dalam usaha menegakkan nilai-nilai demokrasi, sudah semestinya mendemonstrasikan peran serta kalian dalam usaha mewujudkan kehidupan yang demokratis. Paling 70 | Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK tidak, kalian mencoba membiasakan hidup demokratis di lingkungan keluarga dan di lingkungan sekolah maupun masyarakat tempat kalian tinggal, sehingga pada akhirnya berkembang menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis. Nah, sekarang coba kalian tuliskan contoh-contoh perilaku kalian yang mencerminkan upaya menegakkan nilai-nilai demokrasi.

Jawaban :
a. Dalam kehidupan di lingkungan keluarga
1) Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain
2) Diam mendengarkan ketika anggota keluarga lain sedang berbicara
3) Memberikan penghargaan ketika ada anggota lain yang berprestasi walau cuma hanya tanda jempol
4) Mematuhi aturan yang sudah ditetapkan dalam keluarga
5) Menghormati ayah dan ibu juga anggota keluarga lain

b. Dalam kehidupan di lingkungan sekolah
1) Aktif dalam kegiatan diskusi kelas
2) Mengikuti pemilihan ketua OSIS
3) Rajin mengemukakan pendapat saat pelajaran berlangsung
4) Menghargai pendapat teman lain
5) Tidak merundung teman lain

c. Dalam kehidupan di lingkungan masyarakat
1) Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan
2) Bermusyawarah ketika ada sengketa dengan tetangga
3) Tidak menyalakan musik terlalu keras
4) Berani berpendapat ketika rapat RT/ RW
5) Mematuhi keputusan rapat RT/ RW

d. Dalam kehidupan di lingkungan bangsa dan bernegara
1) Mendukung kelancaran proses pemilihan umum
2) Mengikuti pemilihan umum dengan baik dan tidak golput
3) Mematuhi aturan hukum
4) Menghargai pemeluk agama lain
5) Tidak menghina orang lain


Refleksi :
Setelah kalian mempelajari materi demokrasi, tentunya kalian semakin paham betapa pentingnya mewujudkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Coba kalian renungkan. Sudah sejauh manakah kalian melaksanakan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari? Coba uraikanlah dalam satu paragraf perwujudan nilai-nilai demokrasi yang kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban :
Demokrasi secara umum sudah mengalami perkembangan yang baik. Hampir semua aspek kehidupan sudah melaksanakan demokrasi tanpa disadari. Saya sendiri sebagai seorang pelajar mengalami kehidupan berdemokrasi yang baik di berbagai kegiatan saya sehari-hari. Dalam lingkungan keluarga, Ayah dan ibu memberi keleluasaan kepada kami, anak-anaknya untuk berpendapat, bersikap. Meskipun demikian, ayah dan ibu cukup tegas. Demokrasi dalam lingkungan sekolah juga berlangsung baik. Hampir semua warga sekolah termasuk bapak ibu guru juga sangat demokratis. Sebagian besar bapak ibu guru memberikan keleluasaan kepada murid-murid untuk berani berpendapat saat di kelas. Sementara di kalangan para peserta didik, juga sering melakukan musyawarah untuk menyelesaikan masalah.