Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 171 Ayo Pikirkan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 171. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Ayo Pikirkan halaman 172 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Kalor dan Perpindahannya Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Ayo Pikirkan Hal 172 IPA Kls 7

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 171 Ayo Pikirkan
Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 171 Ayo Pikirkan

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 171 Ayo Pikirkan

Ayo Kita Latihan
1. Berdasarkan Tabel 4.1, jika 1 kg bahan tersebut dipanaskan dengan menggunakan nyala api yang sama, manakah yang paling lambat naik suhunya? Coba jelaskan. 
2. Pada saat berolahraga, kamu mengubah energi kimia makanan menjadi energi untuk gerak dan energi panas. Pada saat itu, kamu berkeringat. Mengapa dengan berkeringat suhu tubuh kamu tetap stabil? Coba jelaskan.


Jawaban :
1. Berdasarkan tabel 4.1 kita dapat menyimpulkan bahwa perak merupakan bahan yang paling cepat naik suhunya, dan air merupakan benda yang paling lambat naik suhunya. Hal ini dikarenakan semakin besar angka kalor jenis suatu benda, semakin cepat panas benda tersebut, dan semakin kecil angka kalor jenis suatu benda, semakin susah panas benda tersebut. Kalor jenis merupakan angka yang menunjukkan jumlah energi yang dibutuhkan suatu benda dengan massa 1 kg untuk meningkatkan suhunya sebesar 1 derajat celcius.

2. Manusia merupakan mahluk hidup berdarah panas yang harus selalu mempertahankan suhu tubuhnya pada suhu 37 derajat Celcius agar tetap bertahan hidup. Ketika kita sedang berolahraga, tubuh kita akan menghasilkan energi panas yang berlebih akibat dari aktivitas kerja otot. Untuk membuang panas berlebih tersebut, otak mengirimkan pesan agar kelenjar keringat mengeluarkan keringat. Keringat yang dihasilkan tubuh akan menyerap panas berlebihan yang dihasilkan tubuh saat berolahraga. Hal ini membantu proses pendinginan dan mempertahankan tubuh pada suhu optimal.