Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPS Kelas 10 Halaman 140 - 143 Evaluasi Tema 02

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas 10 halaman 140 - 143 Pembahasan kali ini kita akan bahas evaluasi yang ada pada buku paket IPS Halaman 140 - 143, Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Tema 2 Sosiologi. ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Evaluasi Tema 2 Hal 140 - 143 IPS Kls 10

Kunci Jawaban IPS Kelas 10 Halaman 140 - 143 Evaluasi Tema 02


Kunci Jawaban IPS Kelas 10 Halaman 140 - 143 Evaluasi Tema 02

Evaluasi Tema 2 Halaman 140, 141, 142, 143

A. Pilihan Ganda  
A. Soal Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang paling benar pada soal di bawah ini! 

1. Perhatikan ilustrasi bacaan di bawah ini! 
Anita gemar mengoleksi jam bermerek. Dia seringkali m enunjukkan koleksi jam miliknya di akun sosial media. Berdasarkan cerita Anita, perilakunya memiliki motif agar dia diakui sebagai sebagai anak gaul yang selalu mengikuti mode. 
Berdasarkan bacaan di atas, analisislah perilaku Anita termasuk paradigma sosiologi yang mana? 
a. Paradigma fakta sosial 
b. Paradigma definisi sosial 
c. Paradigma perilaku sosial 
d. Paradigma konflik sosial 

2. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat! 
Ani hendak berbelanja alat tulis. Sebelum dia memutuskan di mana akan membeli alat tulis, dia memilih toko mana yang menawarkan harga paling murah dengan kualitas barang yang setara. Dia mengecek harga alat tulis yang hendak dibeli melalui katalog daring sehingga dapat membantu dia untuk memutuskan pilihannya. Akhirnya dia memilih untuk membeli alat tulis di toko C, dengan pertimbangan toko tersebut telah menawarkan harga terendah dengan kualitas barang yang baik. 
 Berdasarkan artikel tersebut, tipe tindakan sosial yang dilakukan Ani sesuai dengan teori Max Weber yaitu
a. Tindakan Rasionalitas Instrumental
b. Tindakan Rasional Nilai
c. Tindakan Afektif
d. Tindakan Tradisional

3. Perhatikan tabel berikut ini!
Lembaga sosial yang ada pada tabel tersebut termasuk jenis...
a. Lembaga keluarga dan Lembaga agama
b. Lembaga politik dan Lembaga pendidikan
c. Lembaga ekonomi dan Lembaga pendidikan
d. Lembaga keluarga dan Lembaga politik

4. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!
Seorang sosiolog bernama Made hendak melakukan penelitian sosial dengan topik penelitian pengaruh iklan sabun di televisi bagi konsumen. Dia menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan survei. Pengumpulan data melalui survei dilakukan secara daring. 
Berdasarkan artikel tersebut, jenis penelitian sosial yang dilakukan Made adalah 
a. Metode kualitatif 
b. Metode kuantitatif 
c. Metode studi kasus 
d. Metode campuran 

5. Perhatikan ilustrasi data berikut ini! 
Komposisi Penduduk di Kota A 
• Suku Batak: 20%; Suku Jawa: 30%, Suku Betawi: 20%, Suku Bugis: 20%, Suku Minangkabau: 10%. 
• Jumlah penduduk laki-laki: 15.000 jiwa & Jumlah penduduk perempuan: 20.000 jiwa. • Penduduk beragama Islam: 50%, Katolik: 15%, Protestan: 15%, Buddha: 10%, Hindu: 5%, Aliran kepercayaan: 5%
• Berdasarkan mata pencaharian, Pegawai negeri: 5%, Pegawai swasta: 10%, Pedagang: 30%, Petani: 30%, Buruh: 10%, Peternak: 15% 
Data di atas menginformasikan kondisi sosial masyarakat berdasarkan… 
a. Pelapisan sosial 
b. Mobilitas sosial 
c. Diferensiasi sosial 
d. Kompetisi sosial


Kunci Jawaban Pilihan Ganda
1. c. Paradigma perilaku sosial 
2.a. Tindakan Rasionalitas Instrumental
3. c. Lembaga ekonomi dan Lembaga pendidikan
4. a. Metode kualitatif 
5. c. Diferensiasi sosial

II. Esai  
Jawablah pertanyaan dengan baik dan benar!

1. Bagaimana perubahan sosial pasca-Revolusi Perancis dan Revolusi Industri dapat melahirkan sosiologi?

2. Mengapa sosiolog perlu melakukan penelitian sosial?

3. Mengapa lembaga sosial dapat berfungsi dan mengapa tidak dapat berfungsi, berikan contoh untuk menjelaskan pendapat kalian?

4. Mengapa terdapat heterogenitas sosial?

5. Refleksikan dengan bahasa dan pendapat kalian tentang manfaat belajar sosiologi? Serta berikan satu contoh gejala sosial yang terdapat di sekitar kehidupan kalian yang dapat menjadi obyek kajian sosiologi!

Kunci Jawaban :
1. Revolusi politik mempengaruhi lahirnya sosiologi karena pada peristiwa revolusi politik menimbulkan kekuatan/kekuasaan politik yang ada di perancis mengalami keruntuhan pada tahun 1789 dan pada awal abad 19.Revolusi Industri menimbulkan sistem ekonomi tunggal yang berdampak kaum pekerja yang mengalami rugi.Para buruh melakukan aksi protes untuk melakukan gerakan perlawanan sistem ekonomi kapital.

2. Sosiolog perlu melakukan penelitian sosial untuk mengembangkan teori, menguji teori dalam konteks yang berbeda, mendapatkan temuan/ data baru dari data empiris, dan memberikan kontribusi dari hasil penelitiannya demi kebaikan masyarakat. Dengan melakukan penelitian dan juga penyelidikan sosiologis maka akan diperoleh suatu perencanaan atau pemecahan masalah sosial yang baik.

3.Karena sebagian besar lembaga sosial dapat membantu mengatasi permasalahan2 dalam kehidupan bermasyarakat, jika tidak ada lembaga sosial maka kehidupan bermasyarakat tidak akan beraturan sehingga lembaga sosial tidak berfungsi.
contoh lembaga sosial yang berfungsi dalam kehidupan masyarakat yaitu dapat menjaga keutuhan dalam masyarakat sehingga terciptalah integrasi masyarakat(Persatuan masyarakat).

4. Heterogenitas dalam masyarakat atau disebut dengan heterogenitas sosial adalah suatu kondisi dimana dalam satu lingkungan sosial terdapat berbagai ragam masyarakat dengan kualitas-kualitas yang dimiliki oleh masing-masing setiap masyarakatnya. Heterogenitas ini dipisahkan kedalam dua jenis. Heterogenitas pertama adalah heterogenitas yang didasarkan pada profesi, sedangkan heterogenitas yang kedua adalah heterogenitas yang didasarkan pada jenis kelamin

5. 1. Sebagai Kajian Pembangunan
2. Kajian Pola Kesehatan Masyarakat
3. Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Masyarakat
4. Mendukung Proses Perumusan Kebijakan