Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 95 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 4

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 10 halaman 95 Pembahasan kali ini kita akan bahas uji pemahaman bagian 2 unit 4 yang ada pada buku paket PPKN Halaman 95 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bagian 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Pemahaman Unit 4 Bagian 2 Hal 95 PPKN Kls 10

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 95 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 4


Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 95 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 4

Uji Pemahaman Unit 4 Bagian 2 Halaman 95

Soal
a. Apakah yang dimaksudkan “Membangun Kesepakatan Bersama”? 

b. Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama? 

c. Apakah kalian terlibat dalam rapat untuk membangun kesepakatan bersama di dalam keluarga, masyarakat atau di lembaga pendidikan? 

d. Ceritakan pengalaman kalian terlibat dalam rapat!

Kunci Jawaban 
a. Kesepakatan Bersama merupakan kesepakatan kata atau permufakatan bersama dalam sebuah proses negosiasi termasuk dalam negosiasi untuk terciptanya integrasi sosial. Kesepakatan bersama diperlukan di antara unsur-unsur atau para pihak yang berbeda untuk menghindari konflik dalam kehidupan bersama.

b. Cara membuat kesepakatan bersama yaitu adanya negosiasi dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dan pihak yang lain dengan mengedepankan prinsip-prinsip berdemokrasi, seperti kesamaan di depan hukum, tidak boleh ada diskriminasi, senantiasa bersikap toleran, dan menghargai hak dari setiap orang atau pihak. 

c.Ya! jika dalam keluarga saya sedang merencanakan sesuatu, tentunya sebagai bagian dari keluarga saya turut andil dalam memberikan pendapat, seperti ketika akan memutuskan untuk membeli suatu barang atau hal lainnya. Atau ketika ada suatu masalah yang bersifat sangat urgent saya juga ikut ketika keluarga saya mengadakan rapat.

d. Waktu itu saya mengikuti acara rapat anggota pemuda di desa saya waktu itu acara rapat yang berisikan pemilihan ketua pemuda angkatan baru dan saya disuruh mengambil keputusan dari hasil hasil yang telah dimusyawarahkan oleh anggota pemuda namun saya rangkap ternyata banyak yang tidak sependapat dengan saya tapi saya mencoba menghargai pendapat orang lain dan menerima keputusan bersama walau saya sedikit sakit hati atas penolakan usulan dari saya