Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 - 152 Uji Kompetensi

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 - 152 Uji Kompetensi

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas IX SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Semester 2

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150, 151, 152 Uji Kompetensi dan terdapat pada Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 90 - 93 Uji Kompetensi

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan
 

Pembahasan :

Uji Kompetensi
Pilihan Ganda
1. C. partikel
2. B. molekul
3. D. kulit atom
4. B. 20
5. A. ion
6. A. perbedaan jumlah neutron suatu zat
7. D. kestabilan
8. B. baja
9. C. etilen glikol
10. D. aluminium

Esai
1. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban :
  • menghasilkan arus listrik
  • mendiagnosis suatu penyakit melalui sinar-X
  • sumber gelombang pengganti cahaya pada mikroskop elektron
  • dapat menghasilkan cahaya dengan warna yang khas

2. Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodin!
Jawaban :
Iodin (I) berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme untuk menghasilkan energi, mengatur pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf dan sistem rangka (otot dan tulang), serta menjaga tekanan darah. Sehingga apabila tubuh kekurangan iodin dapat mengakibatkan penyakit gondok.


3. Mengapa bahan yang terbuat dari stirofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan? Jelaskan!
Jawaban :
Karena stirofoam mengandung senyawa kimia polistirena yang dapat memicu munculnya kanker. Stirofoam juga tidak tahan panas jadi apabila stirofoam ini terkena panas yang cukup tinggi, maka plastik akan rusak sehingga senyawa polistirena akan tercampur ke dalam makanan.


4. Perhatikan kabel listrik berikut.Sebutkan beberapa bahan yang sesuai digunakan untuk membuat kabel listrik tersebut.
Jawaban :
  1. Isolator : Terbuat dari plastik, Sifat fisika plastik yaitu rapat, elastis, dan tidak dapat menghantarkan listrik. Sedangkan sifat kimia plastik yaitu stabil, tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat.
  2. Konduktor : Terbuat dari logam tembaga, Sifat fisika tembaga yaitu rapat, keras, memiliki daya hantar listrik yang baik, serta memiliki titik leleh yang tinggi.  Sedangkan sifat kimia tembaga yaitu stabil,tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat.

5. Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!
Jawaban :
Perbedaannya adalah Intan memiliki sifat sangat keras sedangkan Grafit mudah patah atau rapuh. Penyebabnya pada perbedaan susunan atom karbon, pada intan, tiap atom karbon mengikat empat atom karbon lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral. Sedangkan pada grafit, atom karbon berikatan dengan tiga atom C lainnya membentuk lapisan heksagonal.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman150 - 152 Uji Kompetensi. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.