Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

9 Jurusan Di Itb Yang Sepi Peminat

Jurusan Di Itb Yang Sepi Peminat | Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang terkenal dengan program studi di bidang teknik, sains, dan seni. ITB menawarkan tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). 

Bagi calon mahasiswa yang berminat untuk masuk ke ITB melalui salah satu jalur tersebut, penting untuk memahami jurusan-jurusan yang ada di ITB agar dapat menentukan dan merencanakan strategi penerimaan masuk dengan lebih baik. 

Jurusan Di Itb Yang Sepi Peminat 

9, Jurusan, Di, Itb, Yang, Sepi, Peminat


Di ITB, terdapat juga beberapa jurusan yang relatif kurang diminati. Jurusan-jurusan tersebut dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi Anda untuk diterima. Berikut adalah beberapa pilihan jurusan di ITB untuk calon mahasiswa baru: 

1. Sekolah Farmasi 

Jurusan Farmasi di ITB bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam pengembangan, perancangan, dan produksi obat-obatan serta bahan farmasi lainnya, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, lingkungan, dan ekonomi. 

Secara detail, 39,11% lulusan Sekolah Farmasi ITB bekerja di Industri Farmasi, 14,89% bekerja di pemerintahan, 10,98% bekerja di Rumah Sakit, 14,7% bekerja sebagai apoteker, 2,66% bekerja sebagai peneliti, 14,47% bekerja sebagai dosen dan guru, dan 3,19% bekerja sebagai pengusaha. 

  • Peminat (Tahun 2022): 906 
  • Daya Tampung (Tahun 2023): 56 

2. Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati 

Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati (SITH) ITB adalah salah satu fakultas yang memfokuskan pada ilmu dan teknologi hayati, termasuk bidang bioteknologi, mikrobiologi, biologi molekuler, bioinformatika, dan bidang terkait lainnya. 

Alumni Program Studi Sarjana Rekayasa Hayati SITH-ITB memiliki beragam pekerjaan di berbagai bidang. Beberapa di antaranya meliputi bidang riset, bioindustri, pengajaran, kewirausahaan, dan lain-lain. 

  • Peminat (Tahun 2022): 427 
  • Daya Tampung (Tahun 2023): 69 

3. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan 

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan di ITB menawarkan program studi yang berkaitan dengan perencanaan, perancangan, dan konstruksi infrastruktur fisik seperti gedung, jalan, jembatan, dan sistem pengolahan air. 

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) menawarkan berbagai peluang karir, seperti bekerja di bidang pembangunan infrastruktur, industri energi, pertambangan, dan pengolahan; organisasi non-pemerintah atau lembaga swadaya masyarakat dalam lingkungan hidup; menjadi konsultan; berwirausaha; serta berperan dalam pendidikan sebagai peneliti atau pengajar. 

  • Peminat (Tahun 2022): 439 
  • Daya Tampung (Tahun 2023): 40 

4. Fakultas Teknik Industri 

Fakultas Teknologi Industri di ITB bertujuan untuk melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam merancang, mengembangkan, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas industri. Para lulusan Teknik Industri memiliki akses ke berbagai industri jasa seperti keuangan, konsultasi, teknologi informasi, serta pelayanan masyarakat. 

 Mereka juga dapat mengejar karier di industri yang fokus pada bidang pemeliharaan, logistik, dan inventori. Dengan demikian, mereka memiliki peluang untuk membangun karier di sektor manufaktur. 

  • Peminat (Tahun 2022): 547 
  • Daya Tampung (Tahun 2023): 40 

5. Fakultas Teknologi Industri 

Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB adalah salah satu fakultas di Institut Teknologi Bandung yang fokus pada pendidikan dan penelitian di bidang teknologi industri. Lulusan Jurusan Teknik Industri memiliki peluang kerja yang luas di berbagai sektor. 

Industri pertambangan, perbankan, periklanan, layanan kesehatan, dan otomotif merupakan beberapa contoh sektor yang memerlukan keahlian yang dimiliki oleh lulusan Jurusan Teknik Industri. 

  • Peminat (Tahun 2022): 353 
  • Daya Tampung (Tahun 2023): 20 

6. Sekolah Arsitektur, Perencanaan & Pengembangan Kebijakan 

Sekolah Arsitektur, Perencanaan & Pengembangan Kebijakan di ITB merupakan salah satu sekolah yang mengutamakan pendidikan dan penelitian dalam bidang arsitektur, perencanaan, dan pengembangan kebijakan. 

Program Sarjana Arsitektur disusun untuk memberikan lulusan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk memasuki praktik profesional di bidang desain, produksi, dan manajemen lingkungan binaan. 

 Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mempersiapkan lulusan agar dapat mengikuti pelatihan dan pendidikan lanjutan dalam arsitektur atau bidang terkait. 

Tujuan Pendidikan: 

  • 1. Menyiapkan lulusan untuk menjadi asisten arsitek yang siap bekerja di lapangan. 
  • 2. Menyiapkan lulusan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut, seperti Magister Arsitektur Profesional atau bidang lainnya. 
  • 3. Mempersiapkan lulusan agar mampu mengatasi masalah lokal dengan perspektif global, dengan berkolaborasi lintas disiplin, integratif, dan berbasis teknologi terkini dalam perancangan arsitektur dan lingkungan binaan. 
  • Peminat (Tahun 2022): 298 
  • Daya Tampung (Tahun 2023): 20 

7. Fakultas Teknik Pertambangan & Perminyakan 

Fakultas Teknik Pertambangan & Perminyakan fokus pada pengelolaan sumber daya alam serta teknologi dalam pengeboran, produksi, dan pengolahan minyak dan gas bumi, serta pengolahan dan penggunaan mineral. 

  • Peminat (Tahun 2022): 657 
  • Daya Tampung (Tahun 2023): 48 

8. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian 

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB adalah fakultas yang menitikberatkan pada studi tentang bumi dan lingkungannya. 

  • Peminat (Tahun 2022): 198 
  • Daya Tampung (Tahun 2023): 20 

9. FMIPA Matematika 

Program studi Matematika di FMIPA ITB menekankan pada pengembangan kemampuan matematika yang mendalam dan abstrak, sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan masalah secara logis dan kreatif. 

  • Peminat (Tahun 2022): 692 
  • Daya Tampung (Tahun 2023): 56