Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

15 Jurusan Di Columbia University, Kampus Bergengsi Dunia

Jurusan Di Columbia University | Universitas Columbia, atau Columbia University dalam bahasa Inggris, adalah sebuah institusi pendidikan swasta yang terletak di New York City, Amerika Serikat. Universitas ini pertama kali didirikan pada tahun 1754 dengan nama King's College sebelum kemudian mengubah namanya menjadi Columbia. 

Sebagai bagian dari Ivy League, Columbia dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan yang paling bergengsi di seluruh dunia. 

Prestasi Columbia meliputi kepemimpinan dalam berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, humaniora, hukum, kedokteran, pendidikan, teknik sipil, dan bisnis. Hingga tahun 2004, sebanyak 72 pemenang Nobel memiliki keterkaitan dengan Universitas Columbia. 

 Jurusan Di Columbia University 

Jurusan Di Columbia University


Columbia memiliki tiga fakultas untuk program sarjana dan dua belas fakultas untuk program pasca-sarjana: 

1. Program Sarjana 

  • 1. Sekolah Tinggi Columbia 
  • 2. Sekolah Teknik dan Sains Terapan Yayasan Fu 
  • 3. School of General Studies 

2. Program Pasca-Sarjana 

  • 1. Sekolah Kedokteran Gigi 
  • 2. Sekolah Kedokteran dan Bedah 
  • 3. Sekolah Bisnis Columbia 
  • 4. Sekolah Hukum Columbia 
  • 5. Sekolah Jurnalisme Columbia 
  • 6. Sekolah Kesehatan Masyarakat Mailman 
  • 7. Sekolah Pasca-Sarjana Arsitektur, Perencanaan dan Pelsetarian 
  • 8. Sekolah Pasca-Sarjana Seni dan Sains 
  • 9. School of International and Public Affairs: 

 - Master of International Affairs (MIA) 

 - Master of Public Administration (MPA) 

 - PEPM (Program in Economic Policy Management) 

 - Executive MPA 

 - MPA in Environmental Science and Policy 

 - PhD In Sustainable Development 

 - Program Dual Degree 

  • 10. Sekolah Perawat 
  • 11. Sekolah Pekerja Sosial 
  • 12. Sekolah Seni 

Sejarah Columbia University 

 Bermula dengan pendiriannya sebagai King’s College pada tahun 1754, melalui piagam kerajaan dari Raja George II Inggris. Sebagai lembaga pendidikan tinggi tertua ke-5 di Amerika Serikat dan yang tertua di Negara Bagian New York, universitas ini memiliki akar yang kuat dalam sejarah pendidikan Amerika. 

 Pada awalnya, kampus universitas berlokasi di ruang vesteri di sebelah Gereja Trinity yang terkenal di Lower Manhattan, dengan kapasitas yang cukup untuk menampung delapan mahasiswa. Pendirian sekolah ini dipenuhi dengan kontroversi, mulai dari pertimbangan afiliasi agama hingga lokasi kampusnya. 

 Meskipun para anglikan berhasil memenangkan perdebatan mengenai afiliasi agama, New York City menjadi lokasi yang dipilih untuk kampus. Namun, kompromi ini tidak bertahan lama karena pecahnya Revolusi Amerika pada tahun 1776, yang memaksa King’s College untuk ditutup selama delapan tahun. 

Pendaftaran Columbia University 

Untuk bergabung dengan Columbia University, Anda perlu memenuhi syarat-syarat berikut: 

Syarat untuk Program Sarjana 

  • 1. Lulus dan memiliki gelar SMA. 
  • 2. Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL iBT minimal 105, IELTS minimal 7.5, atau Duolingo English Test 135). 

Syarat untuk Program Pascasarjana 

  • 1. Lulus dan memiliki gelar Sarjana (S1). 
  • 2. Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL iBT, IELTS, atau Duolingo Test). 
  • 3. Beberapa program studi juga meminta hasil tes GRE atau GMAT. 
  • 4. Beberapa program studi juga mengharuskan calon mahasiswa memiliki pengalaman kerja selama beberapa tahun. 

Biaya Kuliah Columbia University 

Saat kuliah di sini, anda akan butuh 395 USD per jam semester untuk mahasiswa program sarjana internasional (sudah termasuk harga e-book). Sedangkan untuk program pascasarjana, biaya kuliahnya sekitar 580 USD per jam semester. 

Beasiswa Columbia University 

Ada beberapa opsi bantuan keuangan yang dapat Anda peroleh untuk kuliah di Columbia University. Berikut adalah beberapa program beasiswa yang tersedia di universitas tersebut: 

1. Beasiswa LPDP 

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa yang didanai oleh pemerintah Indonesia melalui Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP. Program ini bertujuan untuk mendukung pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau Doktoral di perguruan tinggi terkemuka, baik di dalam maupun di luar negeri. 

2. Beasiswa Fulbright 

Menurut informasi dari situs web AMINEF Indonesia, beasiswa Fulbright menyediakan bantuan pendidikan bagi warga Indonesia dan Amerika Serikat (AS). American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) adalah penyedia beasiswa ini. Beasiswa Fulbright berlaku untuk semua jurusan di universitas AS kecuali bidang kedokteran. 

3. Beasiswa Dari Internal Kampus 

Bantuan Keuangan Berbasis Kebutuhan dari Columbia University Beasiswa ini adalah bantuan khusus dari internal kampus untuk para mahasiswa terpilih. 

4. Joint Japan World Bank 

Beasiswa Gabungan Jepang-Bank Dunia ini membuka kesempatan bagi pelajar dan peneliti muda untuk turut serta dalam misi Bank Dunia. Ini merupakan langkah untuk mendorong pengembangan ekonomi melalui pendidikan, peningkatan kapasitas, dan pembangunan sumber daya manusia. 

 Program beasiswa ini ditujukan untuk para profesional muda yang telah memiliki pengalaman kerja antara satu hingga dua tahun. Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa S2 yang mengambil program studi dalam bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik. 

 Biasanya, pendaftaran beasiswa ini dibuka dari bulan Februari hingga April setiap tahunnya. Apakah Anda tertarik? Anda dapat terus memantau informasi di situs web https://www.worldbank.org/en/programs/scholarships