Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

5 Jurusan Di Akmil, Karir Untuk Pertahanan Negara

Jurusan Di Akmil | Pendaftaran taruna-taruni baru di Akademi Militer (Akmil) akan dibuka mulai tanggal 1 Februari 2024. Selain untuk menjadi perwira TNI AD dengan pangkat letnan dua, lulusan Akmil juga akan memperoleh kualifikasi akademik setara dengan gelar S1, yaitu D4 dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han). 

Menurut informasi yang dikutip dari laman resmi Akmil, para taruna Akmil akan mengikuti sistem pendidikan Tri Pola Dasar, yang mencakup pembentukan sikap dan perilaku, akademik, dan jasmani. Seperti halnya di perguruan tinggi, para taruna juga akan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 Seluruh rangkaian pendidikan ini akan berlangsung selama 8 semester atau 4 tahun sebelum mereka ditugaskan sebagai perwira. 

Jurusan Di Akmil 

5, Jurusan Di Akmil

Akmil menawarkan lima program studi bagi calon taruna dan taruni. Apa saja? 

1. Teknik Sipil Pertahanan 

Program studi ini menyiapkan taruna untuk melaksanakan tugas di satuan Zeni AD setelah lulus. Mereka akan mempelajari konstruksi bangunan, mekanika tanah dan teknik, struktur beton dan baja, serta manajemen konstruksi. 

 Selain itu, taruna akan mendapat pembinaan mental, jasmani militer, hukum dan perundangan, teknik dan taktik militer, menembak, militer umum, dan melaksanakan tugas akhir. 

Visi Program Studi Teknik Sipil Pertahanan adalah menjadi pusat keunggulan dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang dapat menciptakan perwira lulusan Akademi Militer yang profesional dalam bidang Teknik Sipil Pertahanan, memiliki kompetensi yang tinggi, mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang Teknik Sipil dan kemiliteran, serta memiliki kedekatan emosional dengan rakyat dan mendapatkan dukungan dari mereka. 

Prospek Karir Jurusan Teknik Sipil Pertahanan: 

TNI 

Bekerja dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap integritas bangsa dan negara. 

POLRI 

Terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat; menegakkan hukum; serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. 

TARUNA 

Mengembangkan potensi generasi muda dan masyarakat serta berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial melalui program rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, perlindungan sosial, dan mendukung program prioritas nasional. 

2. Teknik Mesin Pertahanan 

Program ini mempersiapkan taruna menjadi Perwira Teknik Mesin Pertahanan dengan mempelajari mekatronika, elemen mesin, termodinamika, balistika, motor bakar, aerodinamika, dan propulsi. Mereka juga akan mempelajari militer umum, militer taktik, teknologi informasi, fisika terapan, kimia, statistika, serta melaksanakan tugas akhir. 

Visi Program Studi Teknik Mesin Pertahanan adalah menjadi pusat keunggulan dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang dapat menciptakan perwira lulusan Akademi Militer yang profesional dalam bidang tugasnya, memiliki keahlian khusus di bidang Teknik Mesin Pertahanan, berintegritas, dan moral yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki kedekatan emosional dengan rakyat dan mendapatkan dukungan dari mereka. 

Lulusan Jurusan Teknik Mesin Pertahanan telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi yang memungkinkan mereka untuk menganalisis dan merencanakan perkembangan teknik mesin pertahanan sesuai dengan kebutuhan teknologi yang ada di lapangan. 

 Jurusan ini bertujuan untuk mencetak Aparatur Negara yang mampu merumuskan kebijakan pertahanan dan menerapkan konsep Teknik Mesin Pertahanan dengan visi yang bersifat nasional dan internasional. Oleh karena itu, para lulusan dari jurusan ini memiliki peluang untuk menjadi anggota TNI AD. 

3. Manajemen Pertahanan 

Taruna dalam program ini akan mempelajari manajemen perubahan, sistem informasi manajemen, manajemen strategis, dan perilaku organisasi. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pengetahuan militer. 

Visi Program Studi Manajemen Pertahanan adalah menjadi pusat keunggulan dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang dapat menciptakan perwira lulusan Akademi Militer yang profesional dalam bidang Manajemen Pertahanan, memiliki penguasaan ilmu kemiliteran yang mendalam, serta memiliki kedekatan emosional dengan rakyat dan dipercaya oleh mereka. 

4. Administrasi Pertahanan 

Sebelum meraih pangkat perwira, taruna yang mengambil program studi Administrasi Pertahanan di Akmil akan belajar tentang ilmu administrasi, pengembangan birokrasi, administrasi global, teori organisasi, serta administrasi keuangan dan logistik. 

 Seperti taruna dalam program studi lainnya, mereka juga akan mendapatkan pengetahuan militer dan menjalankan tugas akhir. 

Visi Program Studi Administrasi Pertahanan adalah menciptakan pusat keunggulan dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan Administrasi Pertahanan sebagai perwira Akademi Militer yang profesional baik dalam bidang kemiliteran maupun administrasi pertahanan, serta mendapatkan dukungan dan penghargaan dari rakyat. 

5. Teknik Elektronika Pertahanan 

Taruna program studi Teknik Elektronika Pertahanan di Akmil akan belajar tentang instrumentasi dan alat ukur, sistem mikrokontroler, dasar-dasar elektronika, teknik elektronika, dan teknik digital. Para lulusannya juga akan menerima pendidikan militer sebelum mulai bertugas. 

Visi Program Studi Teknik Elektro Pertahanan adalah menjadi pusat keunggulan dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang dapat menciptakan perwira lulusan Akademi Militer yang profesional dalam tugasnya, memiliki keahlian khusus di bidang Teknik Elektro Pertahanan yang kompetitif, handal, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, serta memiliki kedekatan emosional dengan rakyat dan mendapat dukungan dari mereka.