Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Essay Bab 1 PAI Kelas XII (Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir)

Essay Bab 1 PAI Kelas XII (Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir)

Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir

1. Sebutkan beberapa perbedaan Kiamat Sugra dengan Kiamat Kubra!
2. Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam?
3. Bagaimanakah keadaan matahari ketika terjadi peristiwa kiamat menurut Teori Fisika?
4. Jelaskan tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam Akhirat!
5. Jelaskan pengertian surga menurut bahasa dan istilah, serta sebutkan 5 (lima) macam kenikmatan dalam surga!

Jawab :
1. Kiamat Sugra adalah peristiwa datangnya kematian bagi semua makhluk termasuk manusia yang bersifat lokal dan individu, sedangkan Kiamat Kubra Peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan makhluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak.

2. Bumi beredar Saat adanya daya tarik matahari terhadap bumi berkurang. Akibatnya bumi akan bergeser dari matahari, sehingga putaran bumi semakin cepat dan akan mengalami nasib seperti meteor (menyala/hancur).

3. Menurut Teori Fisika, Letak matahari adalah 149.597.870, 7 km, jauhnya dari bumi, sinar matahari sampai ke bumi selama 8 menit 20 detik. Garis tengah matahari = 1,4 juta km dan luas permukaannya 616 × 1010 km = 622.160 km. Menurut ahli fisika energi matahari dipancarkan ke angkasa dan sekitarnya 5,7 × 1027 kalori = 5.853,9 kalori/menit dan mampu menyala 50 milyar tahun dengan panas 15 juta derajat celcius. Kalau suatu ketika matahari tidak muncul atau cahayanya redup karena tenaga/sinarnya habis, maka tidak ada angin dan awan yang berakibat hujan tidak akan turun. Selanjutnya gunung-gunung akan meletus, ombak bergulung-gulung, air laut naik sehingga hancurlah bumi ini.

4. Tahapan-tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam Akhirat :
  1. Yaumul Ba’atş, Sesudah hancur dan musnahnya alam semesta termasuk manusia, terjadilah hari kebangkitan. Hari kebangkitan adalah proses dibangkitkannya seluruh makhluk dari alam kubur
  2. Yaumul Hasyr, Yaumul Hasyr yaitu hari berkumpulnya manusia setelah dibangkitkan dari kuburnya masing-masing. Kemudian semua manusia digiring ke tempat yang luas yaitu Padang Mahsyar (tempat berkumpul). 
  3. Buku Catatan, Setiap manusia di alam mahsyar mempunyai buku catatan (kitab perjalanan hidup) yang sudah dicatat Malaikat Raqīb dan ‘Atīd. Kitab catatan ini berisi semua perbuatan dan perkataan manusia sewaktu hidup di dunia.
  4. Yaumul Hisãb dan M³z±n, Yaumul Hisab adalah hari ketika Allah Swt. memperlihatkan semua amalan di akhirat untuk dihisab. Segala dosa besar dan kecil dihitung dengan seksama dan teliti. Ketika amalan mereka dihitung, anggota tubuh mereka ikut menjadi saksi. 
  5. As-Sira, adalah jembatan yang terbentang di atas neraka menuju surga. Mudah atau sulitnya melewati A¡-¢irā¯ itu tergantung kepada amal setiap manusia. Rasulullah saw.
  6. Yaumul Jaza’, Yaumul Jaza’ yaitu suatu hari ketika semua manusia akan menerima balasan Allah Swt. (Jaza’). Balasan yang diterima seseorang sesuai dengan amalnya selama ia hidup di dunia. 
  7. Balasan Perbuatan Baik dengan Surga, manusia menjadi dua golongan. Adapun bagi mukmin yang bertakwa kepada Allah Swt. pasti akan menerima balasan yang setara, yaitu berupa surga. Surga disediakan Allah Swt. sebagai karunia kepada hamba-Nya 
  8. Balasan Perbuatan Buruk dengan Neraka, Adapun orang yang selama hidup di dunia lebih banyak mengerjakan perbuatan jahat, maksiat, tercela, dan kafir terhadap Allah Swt. kufur kepada ajaran dan nikmat Allah Swt., maka akan menerima balasan yang sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya pula.

5. AL-JANNAH (surga) dari segi bahasa diartikan sebagai KEBUN (Al-Bustan). Kebun yang dimaksud adalah kebun yang di dalamnya ditumbuhi pepohonan. Bangsa Arab bahkan menggunakan kata AL-JANNAH dalam menunjuk Kebun Kurma.
Adapun secara ISTILAH, Surga diartikan sebagai suatu tempat yang disiapkan Allah SWT untuk mereka yang menaati-Nya. Di dalam surga dijumpai segala macam kesenangan, kebahagiaan, kelezatan, kesenangan,  dan kenikmatan lain yang tak berbanding dengan apa yang ada di bumi baik. 

Dalam Al-Quran sendiri disebutkan terdapat 5 kenikmatan dalam surga, yakni:
  • Penghuni surga mendapatkan buah-buahan dan apa saja yang mereka mau (Al-baqrah ayat 25).
  • Piring di surga dibuat dari emas (Az-Zukhruf ayat 71-72).
  • Penghuni surga diberi minuman jahe (Al-Insan ayat 17-18).
  • Di surga terdapat kebun dan buah anggur (An-Naba’ ayat 31-34).
  • Di surga ada sungai susu, sungai arak, madu dan berbagai macam buah buahan ( Muhammad ayat 15).