Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bila Anda berbuat sewenang-wenang, siapakah yang dirugikan? Jika demikian, bagaimana keharusannya?

Basbahanajar.com - Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 12 halaman 27. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Refleksi Halaman 27 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas XII SMA/SMK

Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Kelas 12 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Refleksi Hal 27 PKN Kls 12 

Bila Anda berbuat sewenang-wenang, siapakah yang dirugikan? Jika demikian, bagaimana keharusannya?
Bila Anda berbuat sewenang-wenang, siapakah yang dirugikan? Jika demikian, bagaimana keharusannya? 

Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 27 Refleksi

Soal Refleksi PKN Kelas 12 Halaman 27 Refleksi:

Setelah Anda menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara, tentunya Anda semakin yakin bahwa hak dan kewajiban dalam pelaksanaannya harus seimbang. Nah, coba sekarang renungkanlah hal-hal berikut serta cobalah berikan jawabannya. Setelah mampu Anda jawab, kemudian amalkanlah dalam kehidupanmu sehari-hari. 
1. Bila Anda berbuat sewenang-wenang, siapakah yang dirugikan? Jika demikian, bagaimana keharusannya? 
2. Pelanggaran hak cipta dalam bentuk penjualan VCD/DVD bajakan sangat merugikan pemegang hak ciptanya. Atas kejadian tersebut, bagaimana sikap Anda ketika menemukan barang-barang bajakan diperjualbelikan? 
3. Coba kemukakan hak dan kewajiban yang ada di pundakmu sehubungan dengan kedudukanmu sebagai seorang anak, pelajar, kakak atau adik, warga kota atau desa dimana Anda bertempat tinggal?
4. Apa yang akan Anda lakukan apabila melanggar hak orang lain dan mengabaikan kewajiban?

Jawaban Refleksi PKN Kelas 12 Halaman 27 Refleksi:

1. Bila saya berbuat sewenang-wenang, maka diri saya sendiri dan orang lain sama-sama dirugikan. Sebagai contoh, apabila saya melakukan tindakan kekerasan kepada orang lain, maka saya akan dikenakan hukum pidana sedangkan orang lain akan mengalami kerugian berupa sakit. Seharusnya, kita tidak boleh berlaku sewenang-wenang karena selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain.

2. Apabila saya menemukan barang-barang bajakan yang diperjualbelikan, maka saya akan menghindari dan tidak akan membeli barang tersebut, karena membeli atau menggunakan barang bajakan sama saja dengan mendukung kegiatan penjualan barang bajakan tersebut. Sekalipun saya sangat memerlukan barang tersebut, saya akan mengusahakan untuk memberi barang asli / original ketimbang membeli yang bajakan.

3. Sebagai seorang anak, saya berhak mendapatkan nafkah dan kasih sayang dari orang tua saya. Sedangkan kewajiban saya adalah menghormati, menghargai, dan tidak durhaka kepada orang tua.
Sebagai seorang kakak atau adik, saya berhak mendapatkan kasih sayang dan dibantu oleh saudara saya. Sedangkan kewajiban saya adalah menghormati, menyayangi, dan membantu saudara saya.
Sebagai seorang pelajar, saya berhak mendapatkan pengajaran dan pendidikan yang baik. Sedangkan kewajiban saya adalah menghormati guru, mengerjakan tugas yang diberikannya, serta mematuhi segala peraturan yang ada di sekolah saya.
Sebagai seorang warga kota atau desa, saya berhak mendapatkan kehidupan yang aman, tenteram, dan dihormati oleh tetangga saya. Sedangkan kewajiban saya adalah menghormati, menghargai, dan tidak mengganggu tetangga saya serta ikut serta dalam kegiatan menjaga keamanan lingkungan seperti siskamling.

4. Apabila saya melakukan pelanggaran hak orang lain dan mengabaikan kewajiban, maka hal yang paling pertama saya lakukan adalah meminta maaf dan berubah agar selalu menghargai hak orang lain dan tidak mengabaikan kewajiban. Selain itu, apabila pelanggaran yang saya lakukan sudah cukup parah, maka saya akan menerima konsekuensi berupa tindak pidana.

Itu adalah Soal dan Kunci Jawaban Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 27, semoga dengan soal dan pembahasan ini teman-teman dapat memahami dan mengerti materi dari bab refleksi tersebut.