Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Uji Kompetensi Bab 1 PPKn SMP Kelas 9 Halaman 27

Uji Kompetensi
Bab 1 (Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa)
PPKn
Kelas 9 SMP
Semester 1
Jawaban Uji Kompetensi Bab 1 PPKn SMP Kelas 9 Halaman 27

1. Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa pada masa orde lama, orde baru dan reformasi?
Jawab:
Penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa pada masa orde lama, orde baru dan reformasi adalah sebagai berikut :
Pancasila pada tiga periode (masa Orde lama, orde baru, dan reformasi) pada dasarnya tidak banyak memiliki perubahan, dan dipandang sebagai lima dasar negara yang menyatukan bangsa indonesia serta menjadi cita cita dari pembangunan. Yang membedakan adalah pada masa orde lama, banyak yang mengkaitkan bahwa pancasila ini memiliki saingan dengan ideologi komunisme. 

2. Jelaskan latar belakang timbulnya pemberontakan di Indonesia pada masa orde lama.
Jawab:
Latar belakang timbulnya pemberontakan di Indonesia pada masa orde lama adalah sebagai berikut:
Latar belakang pemberontakan pada masa orde lama dikarenakan bahwa kelompok komunis merasa bahwa aspirasi mereka tidak diterima oleh kelompok nasionalis dan agamis, padahal pada masa perjuangan kelompok komunis juga membantu memerangi penjajah. Di samping itu ide kelompok komunis untuk membentuk angkatan ke 5 (petani yang dipersenjatai) tidak disetujui oleh pemerintah
3. Jelaskan dan berilah contoh bahwa globalisasi merupakan tantangan bagi Pancasila!
Jawab:
Penjelasan globalisasi merupakan tantangan bagi Pancasila dan contohnya adalah sebagai berikut:
Globalisasi saat ini cenderung berpihak pada group atau kelompok yang memiliki banyak dana dan intervensi kepada media. Melihat fenomena ini banyak kelompok yang berpotensi menyebarkan ide ide yang bertentangan pancasila selama mereka memiliki basis yang kuat. Contoh adalah ide bahwa keadilan ekonomi berpihak pada kelompok industrialis, atau orang yang memiliki banyak dana dan bukannya keadilan sosial yang terdapat di pancasila. 

4. Apakah yang dimaksud ideologi terbuka?
Jawab:
Yang dimaksud dengan ideologi terbuka adalah sebagai berikut:
Ideologi terbuka adalah ideologi yang pada dasarnya menerima ide yang berasal dari luar dan tidak berusaha memfilter ide tersebut terlebih dahulu. 

5. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka?
Jawab:
Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah sebagai berikut:
Dalam masa globalisasi di mana batas negara menjadi makin tipis karena adanya teknologi internet dan social media membuat informasi mengalir jutaan dalam hitungan detik. Pancasila di sini berfungsi sebagai penyaring atau filter dalam diri manusia Indonesia untuk bisa membedakan mana yang sesuai dan mana yang tidak.