Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban III Evaluasi Bab 9 PAI Kelas 12 Halaman 210 (Rahmat Islam bagi Nusantara)

Evaluasi Bab 9 (Rahmat Islam bagi Nusantara)
Halaman 210
PAI Kelas 12/ XII
Semester 1 K13
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!

Jawaban III Evaluasi Bab 9 PAI Kelas 12 Halaman 210 (Rahmat Islam bagi Nusantara)

1. Mengapa terjadi perbedaan pendapat tentang sejarah awal masuknya agama Islam ke Nusantara (Indonesia)?
Jawab:
Sebab atau alasan terjadiya perbedaan pendapat tentang sejarah awal masuknya agama Islam ke Nusantara (Indonesia) adalah sebagai berikut:

Karena terdapat perbedaan teori mengenai masuknya islam ke Nusantara ( indonesia) yaitu teori Gujarat, teori makkah. Dan teori persia. Masing masing teori memiliki argumen ilmiah

2. Apa yang kalian ketahui tentang perkampungan “Baros” di pesisir Sumatera dalam konteks sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia?
Jawab:
Hal yang saya ketahui ketahui tentang perkampungan “Baros” di pesisir Sumatera dalam konteks sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia adalah sebagai berikut:

kampung Baros adalah kampung islam di daerah pesisir barat pulau sumatera yang juga disebut fansur. Kampung Baros juga dikenal sebagai daerah awal masuknya agama islam di nusantara sekitar abad ke 7 M.

3. Secara global kita menyatakan bahwa agama Islam tersebar di Nusantara secara damai. Bagaimana kalian menjelaskan makna“damai” tersebut dalam kasus penaklukan bersenjata, pertempuran antar kerajaan Islam, atau bahkan perang saudara karena berebut kekuasaan, seperti yang terjadi di kerajaan Demak? Uraikan jawaban kalian dengan menganalisis latar belakang kasus- kasus tersebut!
Jawab:
Pada saat kasus penaklukan bersenjata, pertempuran antar kerajaan islam atau bahan perang saudara pada saat itu belum mengenal damai karena berebut wilayah dan kekuasaan. Namun muncul aliran tasawu fdalam islam. Dalam aliran ini lah yang paling  didifusikan lewat pengalaman personal dalam mendekati Tuhan. Aliran inilah yang paling cepat mendorong perdamainan penduduk indonesia ke dalam  islam nusantara.

Baca Juga:

4. Agama Islam disebarkan melalui berbagai jalur/metode. Jalur apa yang menurut kalian paling cocok untuk digunakan dalam strategi dakwah dalam konteks abad digital seperti saat ini? Jelaskan alasan kalian!
Jawab:
Jalur atau metode yang paling cocok untuk digunakan dalam strategi dakwah dalam konteks abad digital seperti saat ini adalah sebagai berikut:

Jalur yang cocok adalah jalur yang menggunakan teknologi sesuai perkembangan jaman untuk berdakwah, contohnya TV. Tapi bukan berarti jalur pad zaman Rasullulah SAW dipunahkan

5. Nilai keteladanan apa saja yang dapat kamu ambil dari para muballigh pada masa awal datangnya Islam di nusantara?
Jawab:
Nilai keteladanan yang dapat diambil dari para muballigh pada masa awal datangnya Islam di nusantara  adalah sebagai berikut :
  • Mengutamakan perdamaian dan menghindarkan diri dari peperangan
  • Tidak menghilangkan budaya yang sudah berkembang, namun cukup menghapus ajaran yang menyimpang dan mengganti ajaran sesuai syara’
  • Tetap menghormati apabila ditolak ajarannya di suatu daerah
  • Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar