Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PG Ayo Berlatih PAI BAB 10 Kelas 9 SMP Halaman 225 (Haji Dan Umrah)

Ayo Berlatih Bab 10 (Dahsyatnya Persatuan dalam Ibadah Haji dan Umrah)
A. Pilihan Ganda (PG)
Halaman 225
PAI Kelas 9 SMP
Semester 1 K13

Jawaban PG Ayo Berlatih PAI BAB 10 Kelas 9 SMP Halaman 225 (Haji Dan Umrah)

1. Wukuf di Padang Arafah merupakan salah satu dari . . . .
a. Syarat haji
b. Rukun haji
c. Sunah haji
d. Wajib haji

2. Lari-lari kecil yang dilakukan oleh para calon jamaah haji dari Safa ke Marwah mengingatkan kisah . . . .
a. Siti Fatimah
b. Siti Masitah
c. Siti Hajar
d. Siti Sarah

3. Pakaian yang dipakai ketika melaksanakan wukuf bagi laki-laki adalah . . . .
a. Ihram
b. Surban
c. Jubah
d. Koko

4. Jumrah yang ketiga bernama . . . .
a. Jumrah ula
b. Jumrah wustha
c. Jumrah Aqabah
d. Jumrah auwalu

5. Mabit di Muzdalifah merupakan rangkaian dari . . . .
a. Sunah haji
b. Wajib haji
c. Rukun haji
d. Sarat haji

6. Perbedaan antara haji dan umrah adalah . . . .
a. Ihram
b. Wukuf
c. Sa’i
d. Tahallul

7. Orang yang diwajibkan untuk melaksanakan haji adalah orang yang . . . .
a. Pejabat
b. Kaya raya
c. Merdeka
d. Mampu

8. Serangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan oleh para jamaah haji dan jika tidak dilaksanakan menyebabkan hajinya tidak sah adalah . . . .
a. Wajib haji
c. Rukun haji
b. Sunah haji
d. Syarat haji

9. Haji kecil adalah nama lain dari . . . .
a. Umrah
b. Tawaf
c. Tawaf
d. wukuf

10. Tawaf yang dilakukan pada saat tiba di Mekah adalah . . . .
a. Wada’
b. Ifadah
c. Haji
d. Qudum

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Sebutkan tiga hikmah haji dan umrah!
Jawab:
Apabila melaksanakannya ikhlas karena Allah 3 hikmah haji dan umrah adalah sebagai berikut:1. Pahalanya berlimpah2. Dimudahkan / Ditambah rezekinya3. Dan dibukakan pintu surga baginya 


2. Jelaskan perbedaan rukun dan wajib haji!
Jawab:
perbedaan rukun dan wajib haji adalah sebagai berikut:Rukun haji : kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji, dan jika tidak dilakukan hajinya tidak sah.

Wahib ajib haji : rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji sebagai pelengkap rukun haji, jika salah satu wajib haji ditinggalkan maka hajinya tetap sah, tapi harus membayar Dam ( denda ).


3. Sebutkan rukun haji!
Jawab:
rukun haji adalah sebagai berikut:

1. Ihram atau umrah. Padahal arti dari ihram itu sendiri ialah niat untuk beribadah haji atau umrah sambil mengenakan pakaian ihram di tempat miqat yang telah ditentukan sebelumnya. Miqat itu sendiri terdiri dari dua jenis atau macam. Pertama, miqat zamani : merupakan waktu dimana ibadah haji tidak sah dilaksanakan kecuali jika dilaksanakan di dalam ibadah itu sendiri. Kedua, miqat makani, merupakan kebalikan dari zamani, miqat ini merupakan tempat para Jemaah menggunakan pakaian ihram seraya berniat melaksanakan umrah atau haji2. Wukuf. Wukuf berarti berdiam diri atau hadir di suatu padang gersang di daerah Arab Saudi. Daerah yang dimaksud adalah Padang arafah di waktu tertentu ( sudah ditentukan) yaitu dari mulai tergelincir matahari tanggal 9 haji, sampai dengan tanggal 10 bulan haji saat matahari terbit. Saat melaksanakan rukun ini, Jemaah harus memiliki ketahanan tubuh yang baik, atau setidaknya harus dalam kondisi fit, untuk menghindari kemungkinan yang buruk.3. Tawaf. Inilah yang menjadi ikon beribadah haji, atau setidaknya bisa dikatakan sebagai inti dari ibadah haji, walaupun sebenarnya semua rukun ibadah haji merupakan intinya. Thawaf ialah mengelilingi kabah sebanyak 7 kali. Syarat saat menjalankan thawaf diantaranya ialah suci dari hadast dan najis, menutup aurat, mengitari ka’bah berlawanan arah jarum jam ( kaabah berada di kiri badan), awali thawaf dari hajar aswad, mengitari kab’ah dilakukan sebanyak tujuh kali, dan terakhir thawaf dilakukan di dalam masjid sebagaimana dicontohkan Rosullullah.4. Ihram. Bagi sebagian orang mengartikan ihram sebagai pakaian yang dipakai saat ibadah haji5. Tahalul. Merupakan rukun dalam ibadah haji yaitu dengan mencukur rambut setidak-tidaknya 3 helai rambut atau mencukurnya sampai pelontos ( botak) bagi pria. Sedangkan untuk wanita cukup dengan menggunting ujung rambut sepanjang jari.6. Tertib. Rukun menjalankan ibadah haji yang terakhir ialah tertib. Artinya semua rukun harus dilaksanakan secara berurutan, tidak boleh di acak. Harus sebagaimana urut-urutannya alias tertib.


4. Sebutkan macam-macam cara pelaksanaan ibadah haji!
Jawab:
macam-macam cara pelaksanaan ibadah haji adalah sebagai berikut:

Ada 3 cara.1 haji ifrad yang artinya menyendiri, maksudnya adalah pelaksanaan ibadah hajidisendirikan antara ibadah haji dan umrah.2. Haji qiran, Qiran berarti menggabungkan , maksudnya menggabungkan pelaksanaan haji dan umrah sekaligus. Haji qiran dimulai dengan niat ihram untuk melaksanakan ibadah haji dan ibadah umrah sekaligus pada saat miqat3. Haji tamattu, kata tamattu dari segi bahasa berarti bersenang senag. Yaitu ibadah umrah dulu baru ibadah haji.


5. Jelaskan perbedaan haji dan umrah!
Jawab:
perbedaan haji dan umrah adalah sebagai berikut:

Perbedaan haji dan umroh adalah pada waktu dan tempat. haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah. Sedangkan Umrah dapat dilaksanakan sewaktu- waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah.