Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Uji Kompetensi 5.2 Bab 5 PPKn Kelas 7 SMP Halaman 135 (Kerjasama Dalam Kehidupan)

Uji Kompetensi 5
Uji Kompetensi 5.2
PPKn Bab 5 (Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan)
Halaman 135
Kelas VII / 7 SMP/MTs
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Jawaban Uji Kompetensi 5.2 Bab 5 PPKn Kelas 7 SMP Halaman 135 (Kerjasama Dalam Kehidupan)

1. Apa pengertian gotong royong?
Jawab:
Pengertian Gotong Royong adalah sebagai berikut:

Gotong Royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Katanya berasal dari gotong = bekerja, royong = bersama Bersama-sama dengan musyawarah, pantun, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, dan kekeluargaan, gotong royong menjadi dasar Filsafat Indonesia seperti yang dikemukakan oleh M. Nasroen

2. Apa arti penting kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan?
Jawab:
Arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, memperererat persaudaraan dan kebersamaan, mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan, menjadikan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat diselesaikan, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dbekerja

3. Apa saja sifat-sifat yang harus dihindari dalam melakukan kerja sama?
Jawab:
Sifat-sifat yang harus dihindari dalam melakukan kerja sama adalah sebagai berikut:

1. Sikap untuk mencari alasan
Pada kondisi ini, sebaiknya setiap orang tidak banyak mencari alasan dalam sebuah kegiatan pada kerjasama. Hal tersebut akan meruntuhkan sebuah kepercayaan yang dimana dibangun oleh lawan kerjasama kita yang dimana akan berakibat buruk kedepannya. Oleh karena itu, pada kondisi disaat kita melakukan sebuah kegiatan kerjasama ada baiknya kita untuk memberitahu sebuah kondisi yang sebenarnya, lakukanlah pengakuan kepada partner kita dalam melakukan kerjasama. Sehingga, partner kita tidak akan berada pada kekhawatiran dalam kerjasama yang dilakukan, terlebih apabila kerjasama yang dilakukan ini adalah sebuah bisnis. Oleh sebab, hindarilah sikap untuk mencari alasan.

2. Hindari Pelecehan
Pada saat melakukan kerjasama, hindarilah sebuah pelecehan. Mungkin disaat kita sedang melakukan kerjasama kita melihat semua hal yang dimana berbeda dengan apa yang telah biasa kita lakukan sebelumnya, dan kita dapat melakukan yang lebih baik dari lawan kerjasama kita. Maka sebaiknya kita menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, ingatlah apabila kita melakukaan tindakan pelecahan maka itu dapat berakibat buruk pada sebuah kegiatan yang kita jalankan yaitu pengentian kerjasama.

3. Hindari Permusuhan
Kita harus menjaga persahabatan dengan siapapun, bahkan dengan lawan kerjasama yang sedang kita lakukan. Jangan pernah membuat kemarahan yang dimana berujung permusuhan dikarenakan apabila telah menjerumus keadalam permusuhan. Hal itu dapat menciptakan banyak sekali permasalahan.

4. Tuliskan nama-nama lain gotong royong dalam berbagai daerah di Indonesia!
Jawab:
Nama-nama lain gotong royong dalam berbagai daerah di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Gunung Gugur
Berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta
Memiliki makna kerja sosial yang dimana dilakukan secara berasama-sama guna dapat menyelesaikan sebuah pekerjaan yang tergolong berat.

2. Sambatan
Berasal dari pesisir Timur Jawa
Hal ini dikarenakan pada budayanya mereka saling membantu dalam kegiatan pencarian mata pencaharian, pembanguanan dan pemindahan rumah, pernikahan dan juga kematian.

3. Song Osong Lombhung
Berasal dari daerah Bangkalan, madura
Pada istilah ini berasal dari daerah dari sebuah lingkungan di Madura yang dimana mereka yang menjadi petani garam ketika mengumpulkan garam kemudian dikerjakan secara bersama-sama.

4. Ngayah 
Berasal dari daerah Bali
Pada kondisi ini, kerja bakti yang biasanya dilakukan didaerah bali adalah semacam ritual dari kegamaan atauupun sebuah permasalahan terhadap adat yang berada dimasyarakat yang dimana kemudian memiliki sifat untuk tulus dan ikhlas seperti contonya disini adalah ngarap. Kemudian, konsepnya adalah kerja untuk sebuah persembahan yang kemudian hal ini disebut dengan istilah Karma Marga Yoga.

5. Pawoda
Berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur
Kerja yang yang terdapat di daerah Nusa Tenggara TImur biasanya dilakukan dalm benuk pembangunan sebuah rumah yang dimana kemudian didalmnya tedapat sebuah upacara khusus seperti berpuasa dan juga kegiatan lainnya seperti pengukiran terhadap tiang pancang.

5. Mengapa sifat kerja sama telah lama berakar dalam budaya masya-rakat Indonesia?
Jawab:
Alasan atau sebab mengapa Sifat kerja sama telah lama berakar dalam budaya masya-rakat Indonesia adalah sebagai berikut:

Sifat kerjasama di Indonesia telah terukir sejak lama dikarenakan kerjasama telah menjadi daerah daging dalam setiap masyarakat Indonesia. Hal tersebut kemudian membuat kerjasama disebut dengan kata lain yaitu gotong royong, pada kondisi ini gotong royong adalah sebuah kegiatan yang dimana berkerjasasama untuk menyelesaikan sebuah masalah baik itu masalah besar maupun kecil. Hal lainnya adalah sebuah kata untuk kerja bakti pada kondisi ini, kerja bakti juga dianggap sebagai salah satu budaya Indonesia meskipun pada saat ini kerja bakti sendiri adalah sebuah kegiatan yang lebih idientik dengan membersihkan sebuah area. Tetapi, makna yang terdapat dalam kerja bakti itu sendiri adalah sebuah kegiatan yang dimana dilakukan secara bersama-sama dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, apabila kita melakukan kerjasama, gotong royong, dan juga kerja bakti. Kita akan mendapatkan berbagaimacam keuntungan yang dimana kita akan lebih mengenal banyak orang, mempererat tali silaturahmi yang terdapat pada masyarakat di satu daerah yang sama, dan juga membantu sesama. Sehingga akan menciptakan sebuah keadaan yang terdapat kerukunan, keharmonisan dan juga kedamaian pada suatu daerah.