Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Uji Kompetensi Bab 3 PPKn Kelas 12 Halaman 92 (Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI)

Uji Kompetensi Bab 3 (Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia)
Halaman 92
PPKn Kelas 12
Semester 1 K13

Jawaban Uji Kompetensi Bab 3 PPKn Kelas 12 Halaman 92 (Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI)

1. Jelaskan pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia!
Jawab:
Pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Mempengaruhi pola berpikir
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang agresif dan penasaran serta suka dengan hal baru. Terutama sekali dengan adanya berbagai perubahan pada berbagai peralatan elektronik. Namun ternyata perkembangan tersebut tidak hanya berdampak terhadap pola berpikir anak, juga berdampak terhadap pola berpikir orang dewasa dan orang tua. Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita di sajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik.

2. Hilangnya budaya Tradisional
Dengan berdirinya berbagai gedung mewah seperti mal, perhotelan dll, mengakibatkan hilangnya budaya tradisional seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai pasar tradisional kini berubah menjadi pasar modern. Begitu juga terhadap pergaulan anak-anak dan remaja yang sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas.

3. Banyak menimbulkan berbagai kerusakan
Indonesia di kenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya, tetapi hingga akhir ini, Indonesia lebih dikenal sebagai Negara yang sedang berkembang dan terus berkembang entah sampai kapan. Dan kita juga tidak mengetahui kapan istilah Negara berkembang tersebut berubah menjadi Negara maju. Salah satu contoh kecil yang lebih spesifik adalah beberapa tahun yang lalu sekitar di bawah tahun 2004, kota pekanbaru yang terletak di propinsi Riau, lebih di kenal sebagi kota “Seribu Hutan”, namun dalam waktu yang relatif singkat, istilah seribu hutan kini telah berubah menjadi istilah yang lebih modern, yakni kota “Seribu Ruko” di mana dalam waktu yang singkat, perkembangan pembangunan di kota ini amat sangat pesat. Mulailah berdiri berbagai kegiatan industri, Perhotelan, Mal, dan Gedung-gedung bertingkat serta perumahan berdiri di mana-mana. Akibatnya aktifitas tradisional lumpuh, hutan gundul sehingga banyak menimbulkan berbagai macam bencana seperti banjir, tanah longsor serta polusi terjadi di mana-mana. Inilah dampak yang harus di terima masyarakat kita hingga ke anak cucu.


2. Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara?
Jawab:
Perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara antara lain adalah penerapan teknologi informasi (TI) dalam penyelenggaraan pemerintahan. Misalnya adalah:

1.Tes Calon Pegawai Negeri Sipil dengan komputer, 

2. Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) melalui internet (e-filling) dan 

3. Pengurusan tilang secara online

4. Pelaporan kondisi jalan rusak melalui aplikasi

5. Keterbukaan penyelenggaraan pemerintahan dengan adanya situs lembaga negara.

3. Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan. Akan ada pula orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan. Tidak jarang saat ini, sering terdengar kasus penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi di media sosial. Berkaitan dengan uraian tersebut analisislah penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan itu.
Jawab:
"Pendapat Masing-Masing"

4. Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek?
Jawab:
Perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek adalah sebagai berikut:

(1) Memerhatikan etika dalam pengembangan iptek.(2) Melakukan upaya pelestarian lingkungan.(3) Memerhatikan nilai guna bagi kemaslahatan manusia.

5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Perhatikan situasi yang berkaitan  dengan  kewaspadaan  di  lingkungan  sekolah  dan masyarakat. Apa yang akan Anda lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukakan pula perasaan Anda sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampung Anda.
Jawab:
Yang akan saya lakukan apabila terjadi tawuran? dan perasaan saya sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampung saya adalah sebagai berikut:

Kita harus berusaha mencegahnya, bila telah terjadi maka segera menanganinya dengan cara:1. Ikut terjun langsung kedalam perkelahian untuk memisahkannya agar perkelahian tidak berlanjut 2. Melaporkannya kepada pihak berwajib.

Perasaan yang timbul yakni merasa sangat sedih karena warga negara indonesia tersebut merupakan sebuah cermin bahwa masyarakat Indonesia mudah di bodohi atas permasalahan yang sepele yang malah akan menimbulkan permasalahan besar apabila di tindak lanjuti.