Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Uji Kompetensi Bab 6 Sejarah Indonesia (SI) Kelas 12 Halaman 253

Uji Kompetensi bab 6 (Indonesia Dalam Panggung Dunia)
Sejarah Indonesia (SI) Kelas 12
Halaman 53
Semester 1 K13

Jawaban Uji Kompetensi Bab 6 Sejarah Indonesia (SI) Kelas 12 Halaman 253

1. Jelaskan tentang latar belakang lahirnya politik luar negeri bebas aktif Indonesia!
Jawab:
Latar belakang lahirnya politik luarnegri bebas aktif di indonesia dikarenakan keinginan indonesia untuk mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat indonesia. sehingga terjadilah politik ini. indonesia juga berkeinginan untuk tidak memihak dalam perang dingin (bebas) dan turut serta aktif dalam menjaga perdamaian dunia.

2. Apa persamaan dan perbedaan Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non Blok?
Jawab:
Persamaan dan perbedaan Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non Blok adalah sebagai berikut:

Konferensi asia afrika dan gerakan non blok adalah organisasi-organisasi yang didirikan brdasarkan Hak Asasi Manusia (HAM).
KAA adalah organisasi negara asia afrika yang memiliki perasaan senasib yaitu pernah dijajah dan percaya bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa
GNB adalah organisasi internasional yang didirikan untuk negara yang tidak memihak blok barat maupun timur.

3. Jelaskan tentang proses pembentukan ASEAN!
Jawab:
Sebelum terbentuknya Asean, telah ada berbagai organisasi yang mendahuluinnya. pada tanggal 8 agustus 1969 para mentri luar negri menandatangani suatu deklarasi yang di kenal sebagai Bangkok Deklaration. deklarasi tersebut merupakan persetujuan kesatuan tekad kelima negara tersebut untuk membentuk suatu organisasi kerjasama regional yang disebut sebagai ASEAN.

4. Jelaskan perbedaan antara kebijakan politik luar negeri Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dengan masa Orde Baru!
Jawab:
Pada masa demokrasi terpimpin, kebijakan luar negri Indonesia cenderung terpusat dan berpaham komunis. sedangkan masa orde baru, politik luar negri Indonesi sudah mulai maju, berkembang dan bebas.