Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Latih Uji Kompetensi Bab 6 SI Kelas XI Halaman 194 (Revolusi Panji NKRI)

Latih Uji Kompetensi Bab 6 (REVOLUSI MENEGAKKAN PANJI-PANJI NKRI)
Halaman 194
Sejarah Indonesia (SI)
Kelas XI (11) SMA/SMK/MAK
Semester 2 K13


Jawaban Latih Uji Kompetensi Bab 6 SI Kelas XI Halaman 194 (Revolusi Panji NKRI)

1. Sebutkan tiga tokoh yang sangat berkesan dalam pikiranmu, kemudian tuliskan peranan tokoh tersebut dalam perjuangan revolusi kemerdekaan. Nilai-nilai apa yang pantas ditiru dari tokoh tersebut? Jelaskan alasanmu!
Jawab:
Tiga tokoh yang sangat berkesan dalam pikiranku dan peranan tokoh tersebut dalam perjuangan revolusi kemerdekaan serta nilai yang pantas ditiru:

1. Tan Malaka, tokoh ini mungkin kurang populer dan bahkan baru diresmikan menjadi pahlawan nasional baru-baru ini. Kesan saya pada tokoh ini adalah ia konsisten pada keyakinannya. Dia berjuang sejak dasawarsa 1920-an. Tokoh ini beraliran sosialis dan sangat keras terhadap kebijakan kolonial. Yang menarik bagi saya, dalam masa sulit dia mampu berkarya (menulis buku) yang berjudul MADILOG. tokoh ini membuka jaringan internasional bagi tokoh-tokoh nasional, dan sedari awal mengenalkan konsep INDONESIA pada publik internasional. Karena pilihan konsisten tokoh ini akhirnya mati ditembak TNI karena dianggap membangkan kepada Soekarno. Ironis.

2. Muhammad Hatta, sama-sama berasal dari Sumatera seperti halnya Tan Malaka. Hatta lahir dari lingkungan kiai. Seperti Tan Malaka, Hatta juga pernah mengenyam pendidikan di Eropa. Telah berjuang semenjak di Eropa untuk memperkenalkan konsep INDONESIA melalui PI. pada medio 1950-an, Hatta memutuskan berhenti menjadi Wakil Presiden mendampingi Sokarno. Alasannya, dia menganggap arah kebijakan Soekarno sudah melenceng dari tujuan awal. Namun meskipun tak sejalan dengan Soekarno, Hatta tetap menaruh respek. Terbukti setelah itu dia tidak pernah mengintervensi pemerintahan Soekarno. Yang berkesan dari tokoh ini berasal dari pengakuannya, bahwa dia akhirnya bisa menunaikan ibadah haji. Pembiayaan itu dia kumpulkan dari honorium menulis buku dan artikel di media massa. Bukan dari pensiunan sebagai mantan wakil presiden atau Bapak Proklamator. Pendeknya, beliau orang yang sederhana dan pintar.

3. Jenderal Soedirman, sampai saat ini hanya Soedirman seorang yang memiliki pangkat tertinggi dalam TNI, yaitu Lima Bintang di pundaknya. Tetap berperang meskipun sakit dan ditandu. yang patut diteladani adalah perjuangan memerdekan bangsa ini tak menghiraukan kondisi pribadi. tetap konsisten


2. Nilai-nilai kejuangan para tokoh revolusi kemerdekaan masih relevan diterapkan pada kehidupan sekarang dan yang akan datang? Pilihlah tiga nilai yang dapat diamalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang!
Jawab:
Nilai-nilai kejuangan para tokoh revolusi kemerdekaan masih relevan diterapkan pada kehidupan sekarang dan yang akan datang adalah sebagai berikut:

1. Berjiwa besar, contoh : membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan.2. Cinta tanah air, contoh :  berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar3. Jiwa kepahlawanan, contoh :  berani membela kebenaran dan keadilan
Baca Juga:
Jawaban Latih Uji Semester Bab 6 SI Kelas XI Halaman 195 (Revolusi Panji NKRI)

3. Buatlah suatu rencana kegiatan berkelompok yang mungkin kamu lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai perjuangan revolusi kemerdekaan!
Jawab:
Kegiatan berkelompok untuk mengamalkan nilai-nilai perjuangan revolusi kemerdekaan adalah sebagai berikut:

Saya memiliki rencana untuk menerapkan nilai rela berkorban dan tanpa pamrih bila teman – teman dapat diajak bekerja sama. Hal ini dapat dilaksanakan dengan kita melakukan menolong sesame misalnya saat ada bencana alam . Sebagai contoh adalah banjir yang saat ini sedang melanda Jakarta san sekitarnya.