Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Evaluasi Bab 10 PAI Kelas 10 Halaman 168 (Mencari Ilmu Dan Pengetahuan)

Evalusi PAI Bab 10/ X (Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan)
Halaman 168
PAI (Pendidikan Agama Islam)
Kelas X / 10 SMA/SMK/MAK
Kurikulum 2013 (K13)

Jawaban Evaluasi Bab 10 PAI Kelas 10 Halaman 168 (Mencari Ilmu Dan Pengetahuan)

A. Uji Pemahaman
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar.
1. Setiap muslim diperintahkan untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:
Cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan belajar sungguh-sungguh dan membetulkan niat bahwa kita belajar ilmu ini dengan tujuan mendapatkan ridho dan pahala dari ALLAH, bukan untuk gelar atau kebanggaan. Kemudian sampaikan hak ilmu. Hak ilmu ini ada dua, yaitu mengamalkan dan menyampaikan.
_____________________________

2. Apa yang akan kamu lakukan jika ingin kuliah, tetapi ekonomi orang tua tidak memungkinkan?
Jawab:
Seorang muslim meyakini bahwa segala hal telah ditetapkan oleh ALLAH, kita bisa kuliah atau tidak itu sudah ALLAH tetapkan. Maka kita berikhtiar dengan mencoba mencari beasiswa atau bekerja. Seandainya tidak bisapun maka mencari ilmu tidak harus melalui bangku kuliah, ada jalan lain, misal kursus, pelatihan atau semacamnya yang bisalangsung untuk bekerja. Atau kita bisa belajar agam di pondok pesantren. Ada banyak pondok yang biayanya sangat murah bahkan gratis. Bukankah sebaik-baik ilmu adalah ilmu agama.
_____________________________

3. Jelaskan kandungan Q.S. at-Taubah/9:122.
Jawab:
وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً ۚ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ
Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. 

Maksud dari ayat ini adalah agar adal golongan-golongan yang mengabdikan dirinya dalam ilmu, terutama ilmu agama, agar ada orang-orang yang tetap memahami agama dan dapat memberikan peringatan kepada manusia. Apabila tidak ada orang yang mau menuntut ilmu maka ilmu ini akan hilang, bila ilmu hilang maka manusia akan kembali pada kesesatan. Contoh ulama yang mengabdikan ilmunya dalam ilmu adalah imam nawawi, yang ia habiskan hidupnya untuk mengajar hingga tidak sempat berumah tangga. Semoga ALLAH balas pengorbanan beliau dengan pahala yang besar.
_____________________________


4. Jelaskan keutamaan orang yang menyebarkan ilmu.
Jawab:
Perumpamaan petunjuk dan ilmu yang Allâh mengutusku dengannya laksana hujan deras yang membasahi tanah. Ada tanah subur yang dapat menyerap air sehingga menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan rerumputan yang banyak. Ada tanah kering yang dapat menampung air, lalu Allâh  memberikan manfaat kepada manusia dengannya sehingga mereka bisa meminumnya, mengairi tanaman, dan bercocok tanam. Hujan itu juga menimpa jenis (tanah yang) lain yaitu yang tandus, tidak dapat menampung air dan tidak pula menumbuhkan tanaman. Itulah perumpamaan orang yang mendalami agama Allâh, lalu ia mengambil manfaat dari apa yang Allâh mengutus aku dengannya, sehingga ia berilmu lalu mengajarkannya. Dan perumpamaan orang yang tidak peduli dengannya dan tidak menerima hidayah Allâh  yang aku diutus dengannya. ( HR. Bukhori )
_____________________________


5. Jelaskan kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia.
Jawab:
_____________________________