Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Esai Bab 3 IPS Kelas 9 Halaman 78 (Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan (1945-1949))

Bab 3 (PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (1945 - 1949))
Soal-Soal Latihan
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Halaman 78
B. Esai/essay/uraian
Kelas 9/IX SMP/MTS
Semester 1 K13


Jawaban Esai Bab 3 IPS Kelas 9 Halaman 78 (Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan (1945-1949))

B. Jawablah dengan singkat dan benar!
1. Kapan KMB dilaksanakan?
Jawab:
23 Agustus 1949 sampai 2 November 1949 di Den Haag, Belanda
____________________________

2. Siapa yang memimpin pertempuran Surabaya?
Jawab:
Yang memimpin pertempuran Surabaya adalah Bung Tomo
____________________________

3. Kapan Hari Pahlawan Nasional diperingati?
Jawab:
Hari Pahlawan Nasional diperingati pada tanggal 10 November
____________________________

4. Jelaskan yang dimaksud Garis van Mook!
Jawab:
Yang dimaksud dengan GARIS VAN MOOK adalah demarkasi atau garis khayal yang digunakan untuk membatasi wilayah yang diklaim Belanda dengan wilayah Indonesia. 

Perbatasan wilayah antara Belanda dan Indonesia ini tercipta setelah Perjanjian Renville yakni Januari 1948 yang menjadi penanda resmi berakhirnya Agresi Militer I Belanda. Perjanjian Renville sendiri terlaksana atas desakan PBB agar kedua pihak yang berperang melakukan gencatan s3nj4t4.

Istilan Van Mook sendiri diambil dari nama belakang gubernur Hindia Belanda yakni Hubertus Johannes van Mook. Nama lain dari Garis Van Mook adalah Garis Status Quo.
____________________________

5. Jelaskan perbedaan antara perjuangan diplomasi dengan perjuangan bers3nj4t4!
Jawab:

  • Perjuangan diplomasi yaitu perjuangan yang dilakukan dengan cara berdialog dengan pihak musuh untuk mencapai keuntungan dipihak delegasi kita. sedangkan,
  • Perjuangan bers3nj4t4 yaitu perjuangan untuk merebut kemerdekaan dengan menggunakan s3nj4t4 dalam meraih kemerdekaan atau kebebasan
____________________________

6. Apa tujuan NICA membonceng pasukan Sekutu ke Indonesia?
Jawab:
Tujuan NICA membonceng tentara sekutu adalah untuk bercita-cita menguasai Indonesia lagi yang saat itu sedang terjadi kekosongan penguasaan dari bangsa asing(penjajah). Saat itu Indonesia ditinggal oleh penjajahan Jepang yang kembali ke Jepang untuk mengurusi kekalahan akibat perang dunia 2 dari lawannya negara-negara sekutu.
____________________________

7. Sebutkan arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949, baik ke dalam dan ke luar negeri!
Jawab:
Arti penting kedalam :
1. Melakukan peningkatan terhadap kepercayaan diri masyarakat dan juga rakyat Indoonesia kepada Tentara Nasional Indonesia yang sedng bergerilya.
2. Melakukan peningkatan terhadap kepercayaan diri masyarakat dan juga rakyat Indonesia kepada Tentara Nasional Indonesia.

Arti penting keluar :
1. Sebagai pendukung dalam perjuangan kegiatan diplomasi.
2. Sebagai kegiatan untuk menghancurkan moral dari tentara dan juga pemerintahan Belanda.
3. Sebagai kegiatan untuk menunjukkan diri terhadap dunia internasional terhadap kekuatan Tentara Nasional Indonesia bahwa Tentara Nasional Indonesia memiliki sebuah kemampuan untuk melakukan sebuah serangan.
____________________________

8. Apa yang menyebabkan rakyat Bandung membumihanguskan kota Bandung sebelum meninggalkan kota tersebut?
Jawab:
Agar Sekutu tidak dapat menggunakan Bandung sebagai markas strategis militer. Di mana-mana asap hitam mengepul membubung tinggi di udara dan semua listrik mati.
____________________________

9. Jelaskan secara singkat awal mula terjadinya Pertempuran Medan Area!
Jawab:
Pada tanggal 9 november 1945, pasukan Sekutu dibawah pimpinan Brigadir Jenderal T.E.D. Kelly mendarat di Sumatera Utara yang dikuti oleh pasukan NICA. Brigadir ini menyatakan kepada pemerintah RI akan melaksanakan tugas kemanusiaan, mengevakuasi tawanan dari beberapa kamp di luar Kota Medan. Dengah dalih menjaga keamanan, para bekas tawanan diaktifkan kembali dan dipers3nj4t4i.

Lalu Pada 1 desember 1945 pasukan sekutu memasang sejumlah papan yg bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area (Batas Resmi Wilayah Medan) diberbagai sudut pinggiran kota medan. Papan nama itulah yg membuat pertempuran di Medan Area
____________________________


10. Apa yang melatarbelakangi Bandung menjadi lautan api?
Jawab:
Keinginan belanda untuk menguasai kota bandung selatan. akan tetapi, rakyat bandung tidak terima apabila belanda menguasai bandung secara utuh. akhirnya rakyat bandung membumi hanguskan kota bandung bagian selatan agar belanda tidak dapat menggunakan fasilitas yang ada di bandung.
____________________________