Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban Uraian Uji Kompetensi Bab 9 IPA Kelas 9 SMP Halaman 165 (Teknologi Ramah Lingkungan)

Uji Kompetensi Bab 9 Teknologi Ramah Lingkungan 
IPA Kelas 9 SMP
B. Uraian/esai/essay
Halaman 165
Semester 2 K13


Jawaban Uraian Uji Kompetensi Bab 9 IPA Kelas 9 SMP Halaman 165 (Teknologi Ramah Lingkungan )

B. Uraian
1. Biopori dapat dilakukan di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat diterapkan biopori di lingkungan dan apa dampaknya jika biopori tidak dilakukan?
Jawab:
Biopori dapat menjaga keseimbangan lingkungan, mencegah banjir di musim hujan, menjaga ketersediaan air pada musim kemarau, membantu pencegahan peyebaran penyakit yang disebabkan oleh adanya genangan air, seperti demam berdarah, malaria, dan kaki gajah serta mem bantu menjaga kesuburan dan kelestaraian organisme tanah.
____________________________________________

2. Kegiatan apa yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan energi? Berikan contohnya dalam kehidupan seharihari!
Jawab:

  • Mematikan lampu saat tidak digunakan
  • Mematikan kendaraan bermotor saat tidak digunakan
  • Menghemat Air dengan cara gunakan seperlunya

____________________________________________

3. Sebagai penerus bangsa Indonesia teknologi manakah yang lebih baik dikembangkan antara teknologi pengolahan minyak bumi atau batubara dan teknologi pengubahan energi angin atau air menjadi energi listrik? Jelaskan.
Jawab:
Lebih baik dikembangkan teknologi pengubahan energi angin atau air, karena teknologi ini lebih ramah lingkungan, selain itu cadangan minyak bumi akan semakin habis sehingga di tahun-tahun mendatang kita harus mengembangkan teknologi energi alternatif.
____________________________________________

4. Bagaimana teknik pemurnian air sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!
Jawab:
Teknik pemurnian air secara sederhana dapat menggunakan saringan yang berlapis-lapis yang terbuat dari beberapa bahan seperti pasir,kerikil, batu, arang, ijuk atau sabut kelapa, dan dapat juga ditambah de ngan kapas atau kain katun. Air kotor dapat dituangkan ke dalam tabung melalui bagian atas kemudian akan mengalir pada bagian bawah sehingga diperoleh air yang sudah bersih.
____________________________________________

5. Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan berikan contohnya!
Jawab:
Potensi energi alternatif yang dapat diterapkan di Indonesia diantaranya adalah dengan memanfaatkan energi matahari, energy listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air serta pembangkit listrik tenaga nuklir.
____________________________________________