Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kumpulan Contoh Teks Anekdot Lucu tentang Lingkungan, Pendidikan Dan Politik/Korupsi

Kumpulan Teks Anekdot Lucu tentang Lingkungan, Pendidikan Dan Politik/Korupsi 

Pertama pengertian anekdot secara umumnya dulu. Pengertian teks anekdot secara umum :

Teks Anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan mempunyai maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot biasanya bertopik tentang layanan publik, politik, lingkungan, dan sosial.





Pernah membaca sebuah cerita singkat yang berisi tentang guyonan atau berbau humor tetapi menjurus kepada ‘kritik’? Cerita singkat tersebut ialah teks anekdot atau anekdot. Tidak hanya berbentuk cerita, pengertian teks anekdot juga dapat berbentuk dialog singkat antara dua tokoh.


Nah Berikut ini adalah contoh-contoh Teks anekdot lucu tentang pendidikan, lingkungan dan politik :
  • Anekdot Tentang Lingkungan

1. Petugas Kebersihan

Disuatu hari, ada seorang petugas kebersihan yang sedang menyapu jalanan kota. tiba-tiba dari arah barat ada pengendara mobil yang melemparkan sampah keluar kaca jendela mobil. Karena kesal akhirnya petugas kebersihan pun menghentikan kegiatan menyapunya dan berteriak kencang.
”Woyyyyy.. kalo buang sampah liat-liat dong. jangan buang sampah seenaknya, Hargai saya kalo lagi kerja!” Lalu mobil itupun berhenti, dan dari dalam keluarlah seorang pria yang rapi berkemeja dan berdasi. Akhirnya petugas kebersihan memilih untuk menghampiri orang itu.

2. Kejernihan Yang Tidak Terduga

"Apaan nih?? kok bau sekali???".kata-kata yang terlontar saat aku sedang berenang disungai. "wah gimana nih kalo berenang kaak gini terus disungai?. Sungai kan termasuk bagia dari alam yang harusnya bersih, jernih, dan alami. Kok sekarang bisa jadi kayak gini sih? Kok manusia tega banget sih bikin jadi begini. sungai ang dulunya jernih dilalui perahu-perahu buat transportasi, tetapi kenapa sekarang malah dilalui oleh sejenis benda kuning aneh yang misterius".
Pemerintah harusnya ikut bertanggung jawab dan andil dalam pelestarian sungai, nggak cuma makan mendowan aja kerjaannya. sebaliknya rakyat juga harusnya lebih peka. masak iya mau buang benda-benda aneh disungai terus terusan.

3. Indonesia Dan Alamnya Yang Terancam

Akhir pekan ini aku menghadiri sebuah seminar yang bertemakan“Jagalah Indonesiaku”.Yang paling memikatku untuk datang adalah narasumbernya yang pandai, ganteng, cool lagi. narasumber ganteng itu berbicara begini "kalau membahas tentang indonesia tentunya tidak akan terlepas dari pesona dan keindahan alam". Pembicaraan yang membahas tentang contoh teks anekdot lucu tentang lingkungan, flora, fauna, keindahan alam, dan lain sebagainya memang tidak ada matinya. Indonesia memang surga bagi mereka yang gemar akar pesona dan keindahan alam.
Tapi perhatikan akhir-akhir ini, banyak yang bilang indonesia sedang terancam. memangnya terancam karena apa? apakah indonesia diancam? apakah orang indonesia mau dibunuh? dobom? atau diapain? hehehehhe... maaf kebanyakan bercanda. maklum masih anak abg.
Berdasarkan penuturan narasuber hutan adalah paru-paru dunia. tapi kenapa hutan masih saja digunduli? kalo hutan banyak yang mati artinya paru-paru dunia juga mati? trus kalo dunia nggak punya paru-paru mati dong? bener kan?. Iya juga. bukan cuma hutannya. tapi satwa asli indoensia juga semakin dijajah dan dieksploitasi. ambillah contoh orang utan asal kalimantan yang akhirnya terusir dari habitat asinya. Andai saja orang utan bisa ngomong pasti udah lapor ke komnas HAM, Hak Asasi Monyet, maksudnya. wkwkwkwkwk.
Akhirnya tiba juga di sesi tanya-jawab. Pertanyaan pertama diajukan oleh seorang siswi cantik berambut panjang.

4. Salah Siapa

Dihari pertama aku masuk sekolah tinggi berbasis adiwiyata aku sangat kagum dan tercengang. Pertam yang kulihat adlh pintu gerbang yang megah dengan simbol dan nama sekolah. setelah menginjakkan kaki beberapa langkah melewati pintu gerbang mataku masih terpana dengan pemandangan taman, gedung-gedung, lahan parkir dan aula yang megah dan terkesan mewah. Namun setelah masuk lebih dalam kedalam sekolah aku tercengang karena mendapati pemandangan yang berbeda dari sebelumnya. kulihat tumpukan sampah diujung-ujung kelas. tidak hanya didalam kelas saja namun di ruangan guru ternyata juga terdapat sampah berserakan.
Pernah sekali aku menegur temanku karena suka buang sampah sembarangan. "Hey, jangan buang sampah sembarangan gini dong. ini kan sekolah adiwiyata. nggak malu apa sama gelarnya". Namun tahukan jawaban dari temanku seperti apa? "alahhh,  yang adiwiyata kan sekolahnya dan bukan siswanya. jadi tenang aja" sumpah jwaban kayak gitu yang ada bikin males. Pernah juga terjadi sebuah keadian yang sangat aneh saat tengah diadakan ujian tengah semester dimana seorang guru mendapati salah satu LJK siswanya masih bersih tanpa sebuah coretan sedikitpun kecuali pada bagian nama dan nomor induk. "Loh kok LJK punyamu masih kosong?" tanya bu guru. dan murid menjawab dengan pelan sambil senyum "Nah. justru itu bu. ini kan sekolah adiwiyata. jadi kan apa-apa harus bersih semua" jawab si murid.
Haduhhhh,.. kalau dipikirin malah jadi pusing. yang jelas ini siksaan untukku sekolah di sekolah adiwiyata abal-abal.


  • Anekdot Tentang Pendidikan

1. Tes Uji Coba

Bu guru Neni setiyani tengah menerangkan pelajaran IPA kepada para siswa siswinya.
"Denger ya anak-anak. segala sesuatu itu kudu diteliti guna mengecek keasliannya" Karena masih tanggal muda bu neni menjelaskan dengan antusias dan penuh semangat.
"Weh, Itu teorinya termasuk pas pacaran ya bu??" ujar salah seorang siswa.
"Dasar kamu pikiran kok ngeres, ya nggak boleh lah. itu namanya dosa, Nikah dulu baru nyoba, jangan coba-coba dulu baru nikah" Mata riki melotot,
"Loh, lha ibu tadi bilangnya semua harus dicoba?? wkwkwkwk" Jawab rik ngeyel.
"Pokoknya kamu nggak boleh gitu. Dosa dan tercela itu"  kata Bu neni.
"Yelah, nggak dosa lah bu, kan uji coba bikin teh tarik. rasanya enak apa enggak gitu. Ah pikiran ibu nih yang ngeres :p" Jawab riki,
"njirrr... ini anak kampret amat yakk?? anak siapa nih??" batin bu neni dalam hati wkwkwk
Pak Dirman Dan Lomba Renang
"Anak-anak, dengar bapak, Sekarang berkumpul sama kelompok renang kalian sesuai keahlian" pengumuman dari pak dirman.
semua siswa dan siswa berkumpul dan membentuk kelompok yang terdiri dari
1. kelompok gaya dada.
2. kelompok gaya punggung.
3. kelompok gaya bebas.
4. kelompok gaya kupu kupu.
Namun ada satu orang siswi yang tidak ikut dalam kelompok.
"Nita kenapa kok kamu nggak masuk ke kelompok manapun?" tanya pak dirman.
"Emmm anu pak, saya bikin kelompok sendiri aja dehhh.. tapi...." Nita menjawab dengan ragu-ragu.
"Anu, eh tapi apa?? " pak dirman bertanya"
"Tapi pada nggak ada yang mau gabung pak, soalnya kelompok renang saya namanya gaya batu. hehehehe" Jawab nita

2. Kebotakan

Didepan kelas terdapat seorang guru yang tengah berdiri
Murid : “Pak han???. “kenapa kok kepala profesor mesti selalu botak?”
Guru : “Ya karena profesor kebanyakan mikir”
Murid : “Wah....”jadi bapak juga seorang profesor dong??? wkwkwk”. sambil melihat kebotakan gurunya.
Guru : “ Haaaaa?????“ dalam hati sang guru berkata “ Sarjana aja belum tamat juga :p”
Tandanya orang pintar
Di dalam sebuah kelas sedang terjadi pembicaraan antara guru dan murid.
"Hayoo ada yang tau gak apa tandanya orang pintar itu apa?" tanya bu guru.
"Rajin membaca dan rajin menulis" jawab semua anak
"bagus kalian benar" puji bu guru
"rajin menyontek bukk" jawab joko
"lohhh kok gitu jokkk??" tanya bu guru
"Lahh iya dong bu, buktinya aja pas kita nyontek cara buat pesawat, ahirnya kita bisa pintar buat pesawat. betulkan, bukk??"
"wah, kamu betul juga jokkkk" Oke anak-anak, jadi menyonteklah agar pintar" kata guru.
"yesss asikkk. besok ulangan bisa nyontek kwkwkwkwk" murid-murid bergembira.
"Weh. Bukan, Maksud ibu yang model tadi loh" guru menepuk jidatnya.


3. Perpus Dan Kantin

Aziz : “Gap, tau gak apa bedanya kantin sama perpustakaan?”
Gagap : “Tau dong ziz, perpus tempat baca sama cari buku, kantin tempatnya cari makan”.
Aziz : “Owalah. kalo persamaannya tau nggak?”.
Gagap : “emmm apa ya?”.
Aziz : “gitu aja susah, sama-sama ada yang jaga, tau”.
Gagap : “hehehehehe, tumben encer pikiranmu, biasanya juga kek gimana.”.


4. Usul Yang Tak Dianggap

David : “Gus, Ayuk kita usul sama pak guru olahraga kita”
Bagus: “mau usul apaan Dav ?”.
David: “Itu tuh soal aba-aba pas mau lari”
Bagus: “ehh?? mau dijadiin kek gimana Dav??”
David: “kan aba-aba lari kayak gini, Bersedia, siap, Yakkk!!” kata Yakkk, dirubah aja jadi "Oke" kan bikin keren”.
Bagus: “Hadehhh ada ada aja Dav”.



  • Anekdot Tentang Politik/Korupsi


1. SEMBOYAN KARTINI DAN PERJUANGAN KORUPSI

Tepat pada tanggal 21 April yang ditandai dengan hari kartini, sekumpulan ibu-ibu membicarakan tentang perjuangan Kartini dan perjuangan masa kini. Raden Ajeng Kartini adalah salah satu pahlawan dalam hal emansipasi wanitia yang memiliki semboyan dalam bukunya “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Ibu Dewi mengatakan bahwa semboyan Kartini tersebut masih diperjuangkan hingga sekarang. Ibu-ibu lain pada bingung dan berpikir.
Bu Wiwik: “Bu Dewi, sekarang kan wanita memiliki kesetaraan hak. Jadi saya rasa semboyan itu cocok saat Kartini masih hidup saja bu”.
Bu Dewi : “Jangan salah pikir bu, semboyan Kartini masih digunakan hingga zaman modern saat ini lho”.
Bu Danik: “Lho apa contohnya bu?”.
Bu Dewi: “Begini ibu-ibu. Mari kita bandingkan korupsi pada masa orde baru, dimana korupsi yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi atau dalam istilah keadaan gelap. Lalu bandingkan dengan cara korupsi zaman sekarang, korupsi dilakukan dimana-mana dan secara terang-terangan dan tak punya malu. Sama persisi seperti semboyan ibu kita Kartini Habis Gelap Terbitlah Terang”.
Bu Wiwik: “Oh jadi, jika masa lalu Kartini berjuang untuk wanita. Masa sekarang perjuangan untuk terang-terangan korupsi ya bu”.


2. CERITA PERAMPOK BERTEMU KORUPTOR

Pada suatu malam yang gelap dengan awan mendung disertai petir mengeleggar. Sebuah mobil mewah melintasi jalanan setapak yang sepi serta jauh dari pemukiman warga. Nampaknya mobil tersebut menuju proyek pembangunan pabrik di tengah desa. Mobil yang awalnya melaju kencang, tiba-tiba ngerem secara dadakan. Tiga orang perampok yang menggunakan penutup wajah, menantang orang-orang di dalam mobil dengan menodongkan pistol.
Perampok 1: “Keluar dan serahkan semua harta benda yang kalian miliki”.
Pejabat: “Berani-beraninya kalian hendak merampok kami”.
Perampok 2: “Jangan banyak bicara. Cepat serahkan semua harta kalian atau nyawa kalian akan menjadi taruhannya”.
Pejabat: “Jangan main-main, saya ini anggota dewan. Itu teman saya dirjen pajak dan kedua orang di jok mobil belakang adalah asisten menteri”.
Perampok 3: “Jadi rupanya kalian adalah perampok yang sesungguhnya”.
Perampok 2: “Kalau begitu kembalikan uang kami yang telah kalian rampok”
Kemudian ketiga perampok tersebut berhasil menggambil kembali uang-uang mereka dengan membawa pergi mobil mewah tersebut berserta harta benda yang ada di dalamnya.


3. MIMPI UNTUK KESEJAHTERAAN

Pagi itu pada halaman utama sebuah surat kabar nasional, terdapat sebuah berita disertai foto tentang perilaku pejabat negara yang tertidur saat sidang berlangsung. Bukan masalah pertama, jauh sebelumnya banyak sekali kasus yang ditayangkan di televisi tentang hal ini. Ayah yang merupakan seorang wiraswasta dengan memiliki penghasilan secara mandiri pun menjadi geram dengan kabar tersebut.
Ayah : “Beginikah tingkah wakil rakyat tertidur pulas saat sidang berlangsung?”.
Dedo: “Meskipun tidur dalam mimpinya tetap memikirkan kesejahteraan rakyat loh Yah”.
Ayah : “Mana mungkin mereka masih ingat rakyat? Kamu ini ngaco”.
Dedo: “Ishhhh ayah, kok gak percaya. Pejabat itu ada kalanya saat tidur dan saat semangat dalam sidang Yah”.
Ayah: “Lho memang begitu? Lalu kapan pejabat bisa semangat dalam sidang”.
Dedo: “Nanti Yah, sidang di belakang layar yang bahasannya menarik”.
Ayah : “Jadi menurut mereka ini bahasan yang kurang menarik?”.
Dedo“ “Tentunya Yah. Nanti ketika bahasannya tentang proyek, gaji pejabat, dan jabatan serta semua hal yang mensejahterakan dirinya sendiri pasti mereka semangat dan tidak akan ngatuk bahkan tertidur saat sidang berlangsung”.


4. KORUPTOR PRODUK ASLI INDONESIA

Beberapa pemuda mengadakan diskusi mengenai perkembangan zaman dan dampak yang diciptakan. Mereka setuju bahwa perkembangan ilmu dan teknologi melalui globalisasi membawa Indonesia ke persaingan bisnis luar negeri. Orang-orang asing bersaing menanamkan sahamnya di Indonesia. Produk-produk untuk kebutuhan sehari-hari telah dikuasai dan dimiliki oleh perusahan orang asing. Mulai dari makanan, pakaian, kendaraan, benda elektronik, rumah sakit, bahkan hingga perbankan.
Qinta : “Jika semua produk yang kita gunakan setiap harinya berasal dari perusahaan milik orang asing berarti kita memperkaya orang asing dong”.
Roni: “Ya memang begitulah praktik kapitalisme di negara kita. Contohnya apa yang kalian minum merek Aqua milik perusahaan Danone Perancis, sabun LUX serta Pepsodent milik Unilever Inggris, mobil asalnya dari Jepang, Cina, India, Eropa. Berbelanja pun ke perusahaan milik asing seperti Carefour mili Perancis, Giant milik Malaysia, Alfamart pun 75% saham milik Carefour. Hingga urusan kuangan, ambil uang di BCA, Danamon, BII, Bank Niaga, juga milik asing”.
Yasmine : “Jika semua milik asing, lalu apa milik Indonesia?”
Edi: “Satu yang asli milik Indonesia. Cuma koruptor negeri ini yang asli punya orang Indonesia”.

Referensi : http://materi4belajar.blogspot.com/2016/11/4-contoh-teks-anekdot-lucu-tentang.html
http://materi4belajar.blogspot.com/2016/11/6-contoh-teks-anekdot-lucu-tentang.html#