Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Pengertian Memo Beserta Contohnya [Lengkap]

Pengertian Memo Beserta Contohnya - Dalam pelajaran bahasa indonesia pasti kamu akan mengenali atau mempelajari tentang teks memo. Dipikiranmu memo itu seperti surat, namun secara lebih jelasnya ternyata memo memiliki ciri, struktur, dan kaidah kebahasaannya sendiri.

Pengertian Memo Beserta Contohnya [Lengkap]

Pada artikek kali ini kita akan membahas tentang teks memo, mulai dari pengertian teks memo dan contoh memo. apa yang dimaksud dengan teks memo? Langsung saja berikut penjelasan lengkap terkait teks memo.

Pengertian Memo

Memo adalah sebuah teks berbentuk surat yang ditulis secara ringkas, padat dan jelas yang ditujukan untuk seseorang. Oleh karena itu dalam membuat memo harus menggunakan bahasa yang efektif dan tidak bertele-tele, sehingga hal itu membuat isi memo langsung menyatakan maksud dan tujuan, tanpa adanya bagian-bagian isi surat lainnya seperti salam pembuka dan salam penutup.

Memo biasanya digunakan sebagai bentuk komunikasi yang ditujukan untuk orang tertentu, berisi arahan, permintaan, atau keterangan tentang sesuatu yang harus segera diselesaikan dan dilakukan.

Jenis-jenis Memo (Macam-macam memo)

Berdasarkan penggunannya, memo terbagi kedalam dua jenis yakni memo resmi dan memo tak resmi. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat perbedaan memo resmi dan memo tak resmi.

  • Memo Resmi

Memo Resmi adalah memo yang dikeluarkan oleh suatu instansi, lembaga atau organisasi dan juga memo ini ditujukan untuk orang yanga ada atau terlibat di instansi, lembaga atau organisasi terentu. 


  • Memo Tak Resmi

memo tak resmi adalah memo yang bisa dibuat oleh siapa saja dan bisa ditujukan kepada siapa saja dengan tujuan saling berkomunikasi ataupun ada maksud tujuan tertentu dan bersifat tidak resmi

Struktur Teks Memo

Memo terdiri dari bagian – bagian seperti berikut ini :
1. Kepala Memo
Kepala Memo terdiri dari :
Kop Memo (Memo resmi)
Nama pengirim
Nama penerima

2. Badan Memo
Isi Memo

3. Kaki Memo
Tanda tangan
Nama Jelas pembuat memo

Contoh-Contoh Teks Memo

1. Memo resmi

Memo sekolah

SMPN 1 Budi Pekerti
Jalan Sumpah Pemuda no, 9, Tanjung Karang
Bandar Lampung
=================================================
MEMO

Dari       : Kepala Sekolah
Kepada : Dewan Guru

Segera siapkan surat keterangan hasil belajar siswa untuk digunakan dalam rapat pertimbangan kenaikan kelas, yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2015, pukul 09. 00 wib.

Bandar Lampung, 23 Mei 2015

Kepala Sekolah
           ttd
Kharis Munandar, M. Pd




Memo perusahaan

PT. Muncul Abadi
Jalan Sultan Badarudin II, no. 8, Tanjung Raya
Bandar Lampung
================================================
MEMO

Kepada : Manager Keuangan

Tolong persiapkan laporan keuangan tahun ini untuk digunakan sebagai bahan rapat dengan dewan direksi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2015, pukul 10. 00 wib, di aula perusahaan.

Bandar Lampung, 20 Desember 2015

Direktur Utama
          ttd
I Nyoman Budiarte



Memo organisasi


Organisasi Siswa Intra Sekolah
SMAN 1 Sinar Pagi
Jalan Imam Bonjol, no. 10, Suka Maju
Kota Baru Indah
=================================================
MEMO

Kepada : Ketua Bidang Humas

Tolong segera buatkan proposal untuk diajukan kepada Rumah Belajarku Course sebagai pencarian dana untuk mendukung acara lomba cerdas cermat sekabupaten dan kota.
Terimakasih.

Kota Baru Indah, 20 Mei 2015

     Ketua Osis
            ttd
Artha Dina Julianda



1. Memo tidak resmi

Memo dari ibu

MEMO


Untuk : Anakku tersayang

Ibu sudah membuatkan makanan di meja makan, makan dan habiskan semuanya. Ibu sedang pergi ke rumah paman dan akan pulang besok pagi. Jangan lupa angkat jemuran kalau sudah kering.

            Ibu
             ttd
 Gracia Simanjuntak





Memo dari ayah
MEMO
Kepada  : Mbak Ijah

Tolong jaga rumah selama saya beserta ibu dan anak – anak pergi ke kampung. Jangan lupa memberi makan kucing adik, dan menyiram bunga ibu saat sore hari. Kami akan kembali pada tanggal 29 Mei 2015.
Terimakasih

Bandar Lampung, 25 Mei 2015
           ttd
Hamdan Haniifan  




Memo untuk teman sebaya

MEMO
Untuk : Budi Setiawan

Jangan lupa bawa novel Game of Throne yang kemarin kamu pinjam karena aku ingin mengembalikannya kepada Ani. Dia sudah marah – marah menanyakan buku itu kepadaku.

   Temanmu
       ttd


Afif Albaironi


Nah teman-teman itulah tadi penjelasan secara lengkap tentang pengertian Memo, Struktur teks memo, jenis-jenis teks memo, dan contoh teks memo. jika ada yang kurang jelas silahkan komentar dibawah.