Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 PPKn Halaman 120 Kelas 12 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI)

Uji Kompetensi Bab 4
(Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI)
Halaman 120
PPKn Kelas 12
Semester 1 K13
Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 PPKn Kelas 12 Halaman 120 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI)
Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 PPKn Halaman 120 Kelas 12 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI)

Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 PPKn Halaman 120 Kelas 12 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI)
Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 PPKn Halaman 120 Kelas 12 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI)


Jawablah soal-soal di bawah ini secara singkat, jelas, dan akurat.

1. Bentuk negara Indonesia adalah kesatuan. Berkaitan dengan hal tersebut, berikan alasan yang mendukung bahwa negara kita tidak cocok dengan bentuk negara serikat, tetapi lebih cocok dengan negara kesatuan!
Jawab:
Alasan Negara Indonesia lebih cocok sebagai negara kesatuan daripada negara Federal adalah:

Penduduk Indonesia mengalami trauma dengan konstitus negara Ferderal. Hal ini dikarenakan Indonesia pernah menjadi negara Federal setelah Konferensi Meja Bundar sekitar tahun 1950. Penduduk Indonesi merasa kalau Negara Federal adalah negara boneka untuk merusak kesatuan negara Indonesia.

Indonesia adalah negara dengan beragam Suku, Agama, Ras dan Adat Istiadat. Hal ini menyebabkan jikalau Indonesia menjadi negara Federal, banyak warga Indonesia lebih mengurusi negara federal daripada negara Indonesia sehingga menimbulkan resiko pembubaran Indonesia.

Permasalahan di Indonesia ketika menginginkan negara Federal agar mengharapkan pembangunan merata disetiap daerah. Sedangkan untuk konstitusi negara warga Indonesia sangat menyetujuinya.

2. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi keutuhan sebuah negara?
Jawab:
Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi keutuhan sebuah negara, karena persatuan dan kesatuan merupakan kunci pokok dasar sebuah negara dapat berdiri dengan kokoh. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, maka kerukunan tidak dapat tercipta dan akan menimbulkan banyak konflik baik antar agama, golongan, suku, dan ras yang dapat menyebabkan suatu negara mengalami disintegrasi nasional.

3. Bagaimana cara bangsa Indonesia dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan di antara para warganya?
Jawab:
1) tidak memandang rendah suku bangsa lain.

2) menerima keberagaman suku bangsa sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.

3) saling menghormati dan bekerja sama antar suku bangsa.

4) meningkatkan rasa persaudaraan dengan berbagai suku bangsa

4. Uraikan secara singkat dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa!
Jawab:
Persatuan Indonesia telah terbentuk sejak zaman dahulu yaitu pada masa kerajaan-kerjaan yang terdapat pada masing-masing daerah. Pada masa tersebut kerajaan nusantara memiliki sikap persatuan guna untuk menciptakan kerajaan terkuatnya masing-masing. Dalam hal ini, satu kerjaan yang berhasil menyatukan Indonesia adalah kerajaan majapahit. Kemudian Tak lama setelah itu Indonesia disatukan oleh agama Islam setelah datangnya ajaran agama Islam. Ketika Belanda dan imperialisme datang menuju Indonesia, kita mulai belajar untuk bersatu dalam skala yang lebih besar lagi hingga pada akhirnya kita menuju kemerdekaan dengan melakukan persatuan di seluruh nusantara.


5. Bagaimana cara Anda dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia apabila dikaitkan dengan posisi Anda sebagai generasi muda? Kontribusi seperti apa yang bisa Anda berikan kepada negara?
Jawab:
Cara saya dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dari masa ke masa terkait posisi saya sebagai generasi muda adalah dengan menanamkan pandangan positif atas keberagaman yang ada di Indonesia sehingga perbedaan tersebut menjadi KEKAYAAN dan KEKUATAN tersendiri di mata saya yang harus saya jaga dan rawat agar tercipta hidup yang harmonis.


 

0 Response to "Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 PPKn Halaman 120 Kelas 12 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close