Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 256 Ayo Berlatih Bab 12

Ayo Berlatih Halaman 256 257 PAI Kelas 9

Halo sobat kembali bersamaku disini, pasti teman-teman sekalian lagi mencari kunci jawaban buat tugas sekolah kan? nah kalo memang iya, kamu berada diwebsite yang tepat untuk mencari jawaban. nah pada kesempatakan kali ini saya akan membagikan kunci jawaban dari soal Ayo Berlatih PAI Kelas 9 Halaman 256 257 Pilihan Ganda Dan Esai.

Karena aku pernah merasakan menjadi siswa seperti teman-teman sekalian, kadang memang google menjadi tempat terbaik untuk mengerjakan tugas sekolah. Berkaitan dengan Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 256 Ayo Berlatih Bab 11 ini, soal yang akan kita bahas tersebut terdapat didalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas 9 Semester 2 untuk Kurikulum 2013.

Nah pada buku PAI Kelas 9 ini pada Bab 12 nya membahas tentang "Menelusuri Tradisi Islam di Nusantara". dan pada halaman 256 dan 257 terdapat latihan soal berupa pilihan ganda dan esai yakni Ayo Berlatih. Oke teman-teman tak usah beralama-lama lagi, berikut ini akan saya share untuk kunci jawaban agama Halaman 256 - 257 Kelas 9 PG Dan Esai.

Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 256 Ayo Berlatih Bab 12

Kunci Jawaban Pilihan ganda Halaman 256 PAI Kelas 9 :
1.      Segala macam bentuk cipta, rasa dan karsa yang berasal dan berkembang dalam masyarakat serta telah mendapat pengaruh dari Islam disebut …
a.       Keindahan Islam
b.      Budaya Islam
c.       Ragam Islam
d.      Gaya Islam
Jawaban : B

2.      Kebiasaan atau adat istiadat yang dilakukan turun – temurun oleh masyarakat dan didalamnya mengandung ajaran – ajaran Islam disebut
a.       Keluhuran Islam
b.      Keunikan Islam
c.       Tradisi Islam
d.      Nuansa Islam
Jawaban : C

3.      Huruf Pallawa yang telah di Indonesiakan dikenal dengan nama
a.       Huruf Nawi
b.      Huruf Kawami
c.       Huruf Kawi
d.      Huruf Jawi
Jawaban : C

4.      Berikut ini yang bukan tokoh dalam bidang pengembangan Suluk
a.       Sunan Bonang
b.      Hamzah Fansuri
c.       Syekh yusuf
d.      Ibnu Rusyd
Jawaban : D

5.      Tradisi halal bihalal dilakukan oleh umat Islam setelah merayakan
a.       Idul Adha
b.      Tahun baru hijriyah
c.       Idul Fitri
d.      Puasa Ramadhan
Jawaban : C

6.      Sekaten berasal dari kata dalam bahasa Arab Syahadatain yang artinya …
a.       Tradisi dua Negara
b.      Kelahiran nabi
c.       Dua keajaiban
d.      Dua kalimah syahadat
Jawaban : D

7.      Di bawah ini merupakan seni music Islam, kecuali
a.       Pop
b.      Hadrah
c.       Nasyid
d.      Gambus
Jawaban : A

8.      Tulisan Arab yang mengandung nilai seni disebut dengan seni …
a.       Fotografi
b.      Geografi
c.       Kaligrafi
d.      Koreografi
Jawaban : C

9.      Berikut ini merupakan nama Bulan Jawa, kecuali
a.       Sura
b.      Maret
c.       Ruwah
d.      Sapar
Jawaban : B

10.  Contoh tarian yang tergolong dalam seni Islam adalah tari
a.       Secak
b.      Sambyong
c.       Serimpi
d.      Saman
Jawaban : D


Kunci Jawaban esai Halaman 257 PAI Kelas 9 :
1.      Sebutkan contoh pengaruh kebudayaan Hindu – Buddha dalam budaya masyarakat Indonesia sebelum Islam
Jawaban : (Lihat Halaman 239)
Diantara pengaruh kebudayaan hindu – Buddha dalam kebudayaan indonesia, misalnya tampak pada seni rupa, seni ukir, seni bangunan dan makam para raja.
a.       Seni rupa dan seni ukir.
Seni rupa dan seni ukir ini terlihat pada relief dinding – dinding candi. Sebagai contoh, pada relief Candi Borobudur tampak adanya perahu bercadik yang merupakan gambaran pelaut nenek moyang bangsa Indonesia. Terdapat pula relief yang menggambarkan riwayat Sang Buddha sekaligus gambaran lingkungan alam Indonesia.
b.      Seni bangunan.
Misalnya pada bentuk bangunan candi. Di India, candi merupakan kuil untuk memuja para dewa dengan bentuk stupa. Di Indonesia, candi selain sebagai tempat pemujaan, juga berfungsi sebagai makam raja atau untuk tempat menyimpan abu jenazah raja yang telah meninggal. Candi sebagai tanda penghormatan masyarakat terhadap sang raja.
c.       Makam raja.
Di atas makam raja, biasanya didirikan patung raja yang mirip dengan dewa yang dipujanya. Hal ini sebagai perpaduan antara fungsi candi di India dan tradisi pemakaman dan pemujaan ruh nenek moyang di Indonesia. Akibatnya, bentuk bangunan candi di Indonesia pada umumnya adalah punden berundak, yaitu bangunan tempat pemujaan ruh nenek moyang. Contoh ini dapat dilihat pada bangunan candi Borobudur.

2.      Apa yang kamu ketahui tentang tradisi Rabu Kasan ?.
Jawaban :
Tradisi Rabu Kasan dilaksanakan di kabupaten Bangka setiap tahun, tepatnya pada hari Rabu terakhir bulan Safar. Hal ini sesuai dengan namanya yakni Rabu Kasan berasal dari Kata Rabu Pungkasan (terakhir). Upacara rabu Kasan dilakukan juga di Bogor Jawa Barat dan Gresik, Jawa Timur. Pada dasarnya maksud tradisi ini sama, yaitu untuk memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari Bala (Musibah dan bencana).

3.      Sebutkan tiga prinsip Islam dalam memandang sebuah budaya
Jawaban :
Tiga prinsip Islam dalam memandang sebuah budaya, yaitu :
a.       Tidak melanggar ketentuan hokum halal – haram.
b.      Mendatangkan mashlahat (kebaikan) dan tidak menimbulkan mafsadat (kerusakan)
c.       Sesuai dengan prinsip al – Wala dan al – Bara.
1.      Al – Wala artinya kecintaan yang hanya kepada Allah SWT dan apa saja yang dicintai Allah SWT.
2.      Al – Bara artinya berlepas diri dan membenci dari apa saja yang dibenci oleh Allah SWT.

4.      Bagaimana gambaran pelaksanaan Tabot di Bengkulu ?.
Jawaban :
Tabot atau Tabuik adalah upacara tradisional masyarakat Bengkulu dan Padang untuk mengenang kisah kepahlawanan dan kematian Hasan dan Husein bin Ali bin Abi Thalib, cucu Nabi Muhammad SAW. Kedua cucu Rasulullah ini gugur dalam peperangan di Karbala, Irak pada tanggal 10 Muharam 61 Hijriah (681 M). perayaan di Tabot atau Tabuik pertama kali dilaksanakan oleh Syaikh Burhanuddin yang dikenal sebagai Imam Senggolo pada tahun 1685. Syaikh Burhanuddin menikah dengan wanita Bengkulu, kemudian keturunannya disebut keluarga Tabot. Upacara ini dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 10 Muharram (berdasar kalender Islam) setiap tahun.

5.      Ceritakan sejarah Grebeg Besar di Demak !.
Jawaban :
Tradisi Grebek besar merupakan upacara tradisional yang setiap tahun dilaksanakan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Tradisi ini dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah bertepatan dengan datangnya Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban. Tradisi ini cukup menarik karena Demak merupakan pusat perjuangan Wali songo dalam dakwah.
Pada awalnya, Grebek Besar dilakukan tanggal 10 Dzulhijjah tahun 1428 Caka dan dimaksudkan sekaligus untuk memperingati genap 40 hari peresmian penyempurnaan Masjid Agung Demak. Masjid ini didirikan oleh Wali Songo pada tahun 1399 Caka, bertepatan 1477 Masehi. Tahun berdirinya masjid ini tertulis pada bagian Candra Sengkala “Lawang Trus Gunaning Janmo”.

Nah teman-teman mungkin sekian yang dapat saya bagi pada artikel dan pembahasan kunci jawaban Agama Kelas 9 Halaman 212, 213, 214 Ayo Berlatih Semester 2 K13 ini. Sekiranya ada yang ingin ditanyakan karena adanya yang kurang dimengerti atau kurang jelas, silahkan teman-teman tanyakan pada kolom komentar dibawah in. Terimakasih dan silahkan baca artikel selanjutnya dibawah ini.