Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 184 Uji Kompetensi Bab 6

Jawabaku.com - Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 184 Uji kompetensi 6. Oke teman-teman kali ini kita akan membahas latihan tersebut. dimana pada blog ini saya akan memudahkan kalian dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada sehingga membuat teman-teman termudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah. PPKN kelas 9 mulai dari uji kompetensi 6 halaman 184 pada buku siswa PKN Semester 2 Kurikulum 2013 (K13).

Halo sobat kembali bersamaku disini, pasti teman-teman sekalian lagi mencari kunci jawaban buat tugas sekolah kan? nah kalo memang iya, kamu berada diwebsite yang tepat untuk mencari jawaban. nah pada kesempatakan kali ini saya akan membagikan kunci jawaban dari soal Uji Kompetensi 6 Halaman 184 PpKN Kelas 9. Nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.

Karena aku pernah merasakan menjadi siswa seperti teman-teman sekalian, kadang memang google menjadi tempat terbaik untuk mengerjakan tugas sekolah. Berkaitan dengan Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 184 Uji Kompetensi Bab 6 ini, soal yang akan kita bahas tersebut terdapat didalam buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 9 Semester 2 untuk Kurikulum 2013.

Nah pada buku PKN Kelas 9 ini pada Bab 6 nya membahas tentang "Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia". dan pada halaman 184 terdapat latihan soal berupa pilihan ganda dan esai yakni Uji Kompetensi. Oke teman-teman tak usah beralama-lama lagi, berikut ini akan saya share untuk kunci jawaban Uji Kompetensi 6 Halaman 184 Kelas 9 PG Dan Esai.

Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 184 Uji Kompetensi Bab 6

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 184 Uji Kompetensi 6

Uji Kompetensi 6 Hal 184
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 
1. Apa yang dimaksud dengan bela negara?
Jawaban :

Bela negara adalah sikap dan perilaku atau upaya warga negara dalam mempertahankan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
2. Jelaskan perbedaan makna Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 31 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
Jawaban :

Makna pada pasal 27 ayat (3) yaitu setiap warga negara mempunyai hak untuk melakukan bela negara sesuai dengan tingkatannya misal seorang pelajar belajar dengan tekun dan meraih prestasi di tingkat Internasional, hal itu termasuk bela negara.
Sedangkan makna pasal 31 ayat (1) yaitu setiap warga negara mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan dapat mengembangkan diri untuk kemajuan dunia pendidikan.
3. Bagaimana perbedaan peran TNI dan Polri menurut TAP MPR Nomor VII/MPR/2000?
Jawaban :

- TNI merupakan alat negara yang berperan sebagai alat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan Polri merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

- TNI melaksanakan tugas negara dalam penyelenggaraan wajib militer bagi warga negara yang diatur dengan undang-undang, sedangkan Polri melaksanakan tugas negara wajib memiliki keahlian dan keterampilan secara profesional.
4. Mengapa pertahanan negara termasuk bidang pemerintahan yang tidak diotonomikan kepada pemerintahan daerah?
Jawaban :

Karena apabila setiap daerah diberikan otonomi untuk mengatur sistem pertahanan, maka akan tercipta banyak organisasi pertahanan yang dikhawatirkan akan menyebabkan kurangnya koordinasi. Selain itu juga dapat memicu gerakan separatis atau pemberontakan terhadap pemerintah pusat.
5. Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengabdian sesuai dengan Profesi merupakan salah satu bentuk bela negara menurut UU Nomor 3 Tahun 2002?
Jawaban :

Karena dengan hadirnya pendidikan kewarganegaraan maupun pengabdian sesuai dengan profesi akan menanamkan pentingnya nilai nasionalisme dan rasa cinta tanah air, bahkan hal ini dapat dimulai sejak di lingkungan sekolah.
6. Berikan masing-masing 3 contoh perwujudan bela negara dalam bidang politik dan ekonomi!
Jawaban :

Bidang Politik :
- Mengikuti pemilihan umum
- Mentaati peraturan hukum
- Melakukan kampanye dengan sehat

Bidang Ekonomi :
- Ikut bergabung dengan koperasi
- Membayar pajak sesuai dengan yang telah ditetapkan 
- Tidak melakukan korupsi
7. Jelaskan bahwa dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan negara!
Jawaban :

Membangun prestasi diri merupakan salah satu upaya pembelaan negara, hal ini dapat terjadi karena dengan menyumbang prestasi ditingkat internasional maka akan mengharumkan negara Indonesia dan membuat negara lain tertarik dengan negara kita.
8. Jelaskan potensi dan kelebihan yang kalian miliki! Apa tekad dan komitmenmu untuk membela negara?
Jawaban :

Potensi dan kelebihan saya yaitu dibidang akademik terutama di bidang ilmu pengetahuan alam. Tekad dan komitmen saya adalah untuk menjadi dokter yang dapat membantu warga kurang mampu di negara Indonesia agar menjadi sehat.
Nah teman-teman mungkin sekian yang dapat saya bagi pada artikel dan pembahasan kunci jawaban PKN Kelas 9 Halaman 184 Uji Kompetensi 6 Semester 2 K13 ini. Sekiranya ada yang ingin ditanyakan karena adanya yang kurang dimengerti atau kurang jelas, silahkan teman-teman tanyakan pada kolom komentar dibawah in. Terimakasih dan silahkan baca artikel selanjutnya dibawah ini.