Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83, 84 Uji Kompetensi 1

Jawabaku.com - Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83, 84 Uji Kompetensi 1. Oke teman-teman kali ini kita akan membahas latihan tersebut. dimana pada blog ini saya akan memudahkan kalian dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada sehingga membuat teman-teman termudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah. IPS Kelas 9 mulai dari uji kompetensi 1 halaman 83, 84 pada buku siswa IPS Semester 1 Kurikulum 2013 (K13).

Halo sobat kembali bersamaku disini, pasti teman-teman sekalian lagi mencari kunci jawaban buat tugas sekolah kan? nah kalo memang iya, kamu berada diwebsite yang tepat untuk mencari jawaban. nah pada kesempatakan kali ini saya akan membagikan kunci jawaban dari soal Uji Kompetensi 1 Halaman 83 - 84 IPS Kelas 9. Nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.

Karena aku pernah merasakan menjadi siswa seperti teman-teman sekalian, kadang memang google menjadi tempat terbaik untuk mengerjakan tugas sekolah. Berkaitan dengan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83 sampai 84 Uji Kompetensi Bab 1 ini, soal yang akan kita bahas tersebut terdapat didalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Semester 1 untuk Kurikulum 2013.

Nah pada buku IPS Kelas 9 ini pada Bab 1 nya membahas tentang "Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya". dan pada halaman 83 dan 84 terdapat latihan soal berupa pilihan ganda dan esai yakni Uji Kompetensi. Oke teman-teman tak usah beralama-lama lagi, berikut ini akan saya share untuk kunci jawaban Esai Uji Kompetensi 1 Halaman 84 Kelas 8 PG Dan Esai.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83, 84 Uji Kompetensi 1

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83, 84 Uji Kompetensi 1

Kunci Jawaban PG Hal 83:
1. Benua terluas di permukaan bumi adalah....
Jawaban : c. Asia
2. Benua Asia dan Eropa sebenarnya masih satu daratan, namun kemudian masing-masing dianggap sebagai sebuah benua. Alasan Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda adalah....
Jawaban : c. perbedaan budaya
3. Selat Dardanela merupakan salah satu batas pemisah antara....
Jawaban : c. Asia dan Eropa
4. Jepang mengalami penurunan jumlah penduduk. Hal tersebut terjadikarena....
Jawaban : b. penduduk Jepang sangat sibuk sehingga mengurangi keinginan memiliki anak
5. Pohon ek atau oak banyak dijumpai dan tumbuh dengan baik di negara....
Jawaban : b. Inggris
6. Keberadaan gurun di Australia terjadi karena...
Jawaban : b. Australia merupakan pusat tekanan udara rendah saat angin muson

7. Penduduk Mesir lebih banyak tinggal di sepanjang Sungai Nil dan deltaatau muaranya. Alasan dari sebaran penduduk tersebut adalah...
Jawaban : d. curah hujan dan kesuburannya lebih tinggi dibanding daerah lainnya
8. Lokasi berikut berada di Australia dan berada pada zona iklim sedang. Lokasi tersebut adalah....
Jawaban : c. Adelaide
9. Di antara benua yang ada di bumi, angka kelahiran terendah terdapat di....
Jawaban : c. Eropa
10. Benua yang pertambahan penduduknya lebih banyak karena migrasi masuk adalah....
Jawaban : d. Amerika

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Esai Halaman 84
B. Essay
1. Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua?
Jawaban :

Bagian pedalaman benua biasanya memiliki iklim yang kering karena mendapatkan sedikit curah hujan dan juga jalur transportasinya sangat sulit karena berada didaerah pegunungan yang berbukit.

Sedangkan pada bagian pesisir memiliki iklim yang cenderung sejuk dan bercurah hujan tinggi sehingga nyaman untuk ditinggali. Selain itu, daerah pesisir dapat memudahkan transportasi barang melalui jalur laut.
2. Mengapa pantai barat Inggris lebih besar curah hujannya dibandingkan dengan bagian lainnya?
Jawaban :

Karena angin laut di Inggirs berhembus di dataran pantai barat Inggris. Dan juga luas pantai barat Inggris lebih daripada wilayah Inggris lainnya.
3. Mengapa Benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan faunanya?
Jawaban :

Karena letak benua Australia terpisah dari daratan lainnya sehingga benua Australia terisolir  sejak berjuta tahun sehingga memunculkan tanaman dan fauna khas yang terus bervolusi secara berbeda-beda dengan daratan lainnya di Bumi.
4. Jelaskanlah sebaran penduduk Benua Asia dan faktor yang mempengaruhinya!
Jawaban :

Penduduk Asia sebagian besar hidup di daerah pesisir karena lebih dekat dengan pantai dan pelabuhan. Namun tak sedikit juga yang hidup didaerah pegunungan karena memiliki tanah yang subur dan iklim yang sejuk. Sedangkan di daerah gurun lebih sedikit penduduknya karena memiliki tanah yang relatif kering dan curah hujan yang rendah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi:

a) Iklim : Tempat yang sejuk dan memiliki curah hujan tinggi akan banyak dihuni oleh penduduk, alasannya agar tidak kesulitan dalam mencari air dan memudahkan dalam bercocok tanam.

b) Kesuburan tanah : Dengan kesuburan tanah yang baik, perekonomian akan tumbuh dengan sendirinya terutama dalam sektor pertanian.

c) Letak Geografis : Daerah pesisir pantai merupakan daerah yang sangat cocok untuk melakukan transportasi barang melalui jalur laut. Oleh karena itu daerah ini dipilih sebagai daerah penduduk karena dekat dengan jalur laut.
5. Mengapa sejumlah negara maju di Eropa seperti Jerman memiliki angka kelahiran dan kematian yang rendah?
Jawaban :

Karena dinegara maju memiliki biaya hidup yang tinggi sehingga banyak anak muda yang menunda-nunda untuk melakukan pernikahan dan menunda memiliki anak. Akan tetapi dinegara maju memiliki pelayanan kesehatan yang baik sehingga sangat memungkinkan untuk menolong orang sakit.
Nah teman-teman mungkin sekian yang dapat saya bagi pada artikel dan pembahasan kunci jawaban IPS Kelas 9 Halaman 83, 84 Uji Kompetensi 1 Semester 1 K13 ini. Sekiranya ada yang ingin ditanyakan karena adanya yang kurang dimengerti atau kurang jelas, silahkan teman-teman tanyakan pada kolom komentar dibawah in. Terimakasih dan silahkan baca artikel selanjutnya dibawah ini.

Baca Selanjutnya: