Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 170 Kegiatan 6.6

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 8 halaman 170. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 6.6 Halaman 170 - 171, Buku siswa untuk semester 2 Kelas 7 SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Ulasan tentang Karya Kita Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13).

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 170 Kegiatan 6.6
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 170 Kegiatan 6.6

Kunci Jawaban Halaman 170 Kegiatan 6.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 

Kegiatan 6.6
A. Pasangkanlah!
B. Contohkanlah! Tunjukkanlah contoh kalimat dari suatu teks ulasan yang menggunakan katakata berikut!
C. Contohkanlah! Buatlah contoh kalimat dengan menggunakan kata-kata berikut! Jelaskan pula arti setiap kata tersebut sehingga jelas perbedaannya!
Jawaban:
A. Pasangkanlah!
1. Sebab termasuk konjungsi kausalitas karena memiliki persamaan arti dengan karena. Contoh kalimat; Kini ia dibenci orang sebab perbuatannya yang sering mengadu dombakan orang.
2. Hendaknya termasuk rekomendasi (saran) karena memiliki persamaan arti dengan sebaiknya. Contoh kalimat; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.
3. Semenjak termasuk kata depan penanda waktu karena memiliki persamaan arti dengan dari, sejak. Contoh kalimat; Semenjak menjadi ketua kelompok, Tian yang dulunya ramah kini bossy.
4. Kemudian termasuk konjungsi temporal (bersifat waktu), lebih rincinya temporal sederajat. Contoh kalimat; Kulihat sebuah mobil melaju kencang di jalan raya, kemudian berbelok ke arah gang kecil.
5. Yaitu termasuk konjungsi penerang. Contoh kalimat; Laptop Yani dipinjam oleh temannya yaitu Popo sejak kemarin siang.

B. Contohkanlah!
1. Akhirnya termasuk konjungsi (kata hubung) penegas. Contoh kata; Sekian lama aku berkorban untuknya, akhirnya ia mulai membuka hatinya untukku.
2. Bahwa termasuk konjungsi penjelas. Contoh kata; Ibu tergesa-gesa pulang dengan sepedanya, lalu ia menghampiriku dan berkata bahwa ayah akan segera pulang dari peperangan.
3. Hendaknya termasuk kata saran/rekomendasi. Hendaknya sama dengan sebaiknya. Contoh kata; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.
4. Lalu termasuk konjungsi temporal. Contoh kata; Anda pura-pura menjadi orang gila, alihkan perhatian mereka, lalu kami akan menyelinap masuk selama itu.
5. Karena termasuk konjungsi kausalitas (sebab-akibat). Contoh kata; Anak anda melakukan penyimpangan sosial, karena itu kami terpaksa mengeluarkannya dari sekolah.

C. Contohkanlah!
1. Sebab adalah hal yang membuat terjadinya sesuatu. Contoh kalimatnya ada di atas
2. Penyebab, kata dasarnya sebab. Berarti yang menyebabkan. Contoh kalimat; Rindu adalah penyebab seorang manusia galau.
3. Penyebabnya berarti yang menyebabkan. Sama seperti yang atas. Contoh kalimat; Diduga seorang anak meninggal, penyebabnya adalah stres berkepanjangan.
4, Penyebapan bukan kalimat baku, jadinya gak ada artinya yaa 🙂
5. Menyebabkan berarti sesuatu yang menjadi sebab. Contoh kalimat; Berlama-lama di depan layar komputer akan menyebabkan mata rusak.
6. Disebabkan sama artinya yang atas, tapi ini pasif alias lampau. Contoh kalimat; Stres pada anak sekolah disebabkan oleh jadwal sekolah yang terlalu padat.
7. Oleh sebab itu sama artinya dengan oleh karena itu, merupakan konjungsi antar kalimat. Contoh kalimat; Putra kami melakukan banyak sekali pelanggaran, oleh sebab itu, kami memohon sebesar-besarnya dan berusaha agar hal itu tidak terulang lagi.

Post a Comment for "Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 170 Kegiatan 6.6"

close