Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 263

 Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 7 halaman 263. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Halaman 263, Buku siswa untuk semester 2 Kelas 7 SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas  Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13).

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 263
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 263

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 263

Latihan
Jawablah pertanyaan di bawah ini untuk menemukan dan memahami alasan ciri kebahasaan surat dinas! 

a) Kata apa yang sering digunakan sebagai salam pembuka surat  dinas?
JAWABAN:

DENGAN HORMAT,

b) Mengapa salam tersebut yang digunakan? Apakah boleh diubah menjadi salam khas suatu agama? Misalnya asalamualaikum,  salam sejahtera, dan sebagainya? Atau menggunakan salam  dengan urutan waktu,misalnya selamat pagi, selamat siang,  selamat malam?
JAWABAN:

SALAM TERSEBUT SERING DIGUNAKAN  DALAM SURAT DINAS KARENA MENIMBULKAN KESAN PROFESIONALITAS SERTA BERSIKAP NETRAL ATAU DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENYAPA SELURUH KALANGAN.

c) Kata ganti apa yang digunakan untuk mewakili penulis dalam surat dinas?
JAWABAN:

KAMI

d) Mengapa menggunaka kata ganti tersebut? Bolehkan diganti ‘saya’  atau ‘aku’?
JAWABAN:

KATA KAMI DIGUNAKAN UNTUK MERUJUK KEPADA SUATU KELOMPOK. KATA GANTI INI LEBIH TEPAT KARENA TIDAK MERUJUK PADA PERORANGAN, SEBAB SEBUAH LEMBAGA/INSTANSI BERGERAK UNTUK MENCAPAI KEPENTINGAN BERSAMA, BUKAN PRIBADI. DENGAN DEMIKIAN, PENGGUNAAN KATA 'SAYA' ATAU 'AKU' TIDAK DIPERKENANKAN,

e) Jika diamati, surat dinas menggunakan bahasa khas. Mengapa  demikian? Bolehkah diganti dengan bahasa gaul?
JAWABAN:

SURAT DINAS MENGGUNAKAN RAGAM BAHASA BAKU UNTUK MENIMBULKAN KESAN PROFESIONAL DALAM BEKERJA. KESAN INI SANGAT PENTING UNTUK MENUMBUHKAN RASA KEPERCAYAAN DARI PIHAK LAIN. PENGGUNAAN RAGAM BAHASA DI LUAR BAHASA BAKU SANGAT DILARANG KARENA TERKESAN TIDAK PROFESIONAL DAN CENDERUNG ABAI DALAM BEKERJA.