Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 235 Kegiatan 9.1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 8 halaman 235. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 9.1 Halaman 235-236, Buku siswa untuk semester 2 Kelas 7 SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 9 Kembangkan Kegemaran Membaca Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Halaman 235 Kegiatan 9.1 Bahasa Indonesia Kelas 8 

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 235 Kegiatan 9.1
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 235 Kegiatan 9.1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 235 Kegiatan 9.1

Kegiatan 9.1
A. Termasuk bagian dari jenis teks apakah cuplikan di bawah ini: fiksi atau nonfiksi? Kemukakanlah alasan-alasannya! Diskusikan masalah-masalah itu secara berkelompok!
1. Orang-orang yang kebetulan melewati jalan itu sepertinya selalu ingin berhenti. Mereka ingin mengetahui sesuatu yang telah terjadi di sana. Orang yang lalu lalang ingin langsung melihat keadaan ibu itu. Dia terlihat lemah. Badannya yang hanya rangka dan kulit ditutupi kaus berwarna hitam dan
celana cokelat yang lusuh. Bibirnya kering, pecah-pecah hampir terkelupas. Napasnya terengah-engah dan tampak payah. Lalu, seorang ibu datang memecahkan keriuhan suasana, membawa segelas air. Ibu itu membangunkan badannya sampai dia terduduk. Kemudian, air itu diberikan kepadanya. Sesudah itu dia mengangguk dan mengucapkan terima kasih.
2. Begitulah Anya setiap harinya. Ia gemar belanja. Hal itu bermula ketika ia sering diejek temannya karena dibilang anak pingit. Setiap pulang sekolah, ia langsung pulang dan tak pernah kumpul-kumpul di warung bakso apalagi jalan-jalan ke pertokoan. Baru setelah Irene mentraktir Anya makan di sebuah pusat perbelanjaan, ia mulai tertarik. Seterusnya ia kecanduan. Akan tetapi, akhir-akhir ini, kegemarannya tersebut telah membuatnya begitu boros. Pernak-pernik maupun aksesoris-aksesoris yang sebenarnya tidak ia butuhkan, tetap diborong dengan alasan gengsi.
Jawaban:

Kutipan 1 merupakan kutipan dari BUKU FIKSI. Hal ini bisa kita ketahui karena terdapat penggunaan kata 'sepertinya', 'terlihat', dan 'tampak'. Ketiga kata ini kaya akan penilaian pribadi dari sang penulis dan bukan didasarkan oleh fakta yang sebenarnya. Oleh karena itu, kutipan ini berasal dari BUKU FIKSI.

Kutipan 2 merupakan kutipan dari BUKU NON-FIKSI. Hal ini karena kita tidak dapat menemukan adanya kata-kata yang bermuatan penilaian pribadi dari si penulis. Si penulis menulis segala sesuatunya berdasarkan pengamatan langsung, tanpa disertai pendapatnya pribadi.

B. Tulislah dua buah kutipan yang masing-masing bersumber dari buku fiksi dan nonfiksi. Jelaskan pula alasan kefiksian atapun kenonfiksian dari kutipan- kutipan tersebut!
Jawaban:

1) Laskar Pelangi, novel karangan penulis terkenal Andrea Hirata. Novel yang menceritakan sebuah kisah kehidupan 10 anak dengan latar belakang berasal dari keluarga miskin di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung.
Sumber buku: Laskar Pelangi (FIKSI)
Alasan kefiksian: Kisah ini menceritakan kehidupan 10 anak dari sudut pandang dan pendapat si penulis, bukan seluruhnya berdasarkan fakta.

2) Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869 di negara bagian Gujarat di India. Beberapa dari anggota keluarganya bekerja pada pihak pemerintah.
Sumber buku: Mahatma Gandhi Sebuah Autobiografi (NON-FIKSI)
Alasan kenon-fiksian: Kutipan ini menceritakan sejarah kehidupan Mahatma Gandhi dan ditulis hanya berdasarkan fakta, tanpa ada sama sekali imajinasi atau pendapat pribadi si penulis.

0 Response to "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 235 Kegiatan 9.1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close