Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 72 Tugas 1 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 10 halaman 71-72. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Halaman 72. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas X SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik Kelas 10 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 72 Tugas 1

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 72 Tugas 1 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 72 Tugas 1 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 72 Tugas 1 [Kunci Jawaban]

Tugas 1 Menghayati Pesan Puisi “Seonggok Jagung”
Bacalah sajak berikut ini dengan penuh penghayatan sebagaimana yang telah kamu pelajari! Jawablah pertanyaan yang diberikan di bawahnya!

(1) Sajak W.S. Rendra di atas menggambarkan seorang pemuda yang hanya Tinggal berdiam. Ia terkungkung di dalam rumah sehingga tidak bebas bergerak dan berekspresi di luar rumah. Setelah membaca sajak tersebut, bandingkan isinya dengan pengalaman dan kesempatan kalian berpendapat dalam kehidupan sehari-hari!
(2) Bagaimanakah kesempatan kalian untuk berpendapat di rumah?
(3) Bagaimanakah kesempatan kalian untuk berpendapat di masyarakat?
(4) Setujukah kalian bahwa pendidikan sekolah yang sekarang diselenggarakan di negara tercinta ini secara terus-menerus sedang mengembangkan kesempatan untuk berpendapat bagi siswa?
(5) Sebagai siswa, apakah kalian merasa bebas untuk berpendapat di sekolah?
(6) Dengan cara apakah biasanya kalian mengajukan pendapat di sekolah? Siapa yang biasanya mendengarkan pendapat kalian di sekolah?
(7) Pada saat mengikuti pelajaran di kelas, kapan kalian diberi kesempatan untuk berpendapat?
(8) Apakah pendapat kalian sering disetujui atau ditolak? Tahukah kalian mengapa pendapat kalian disetujui atau ditolak?

Jawaban:
(1) Kebebasan berpendapat kami terbuka lebar dibandingkan dengan tokoh diatas. Namun kadang kebebasan berpendapat itu hanya di dalam pikiran belaka sehingga hanya diurungkan saja karena beberapa faktor internal maupun eksternal.

(2) Di rumah, kebebasan berpendapat kami sangatlah luas. Kami diberi kesempatan untuk menyatakan pendapat dengan tetap memperhatikan pertimbangan anggota keluarga beserta pendapat orang tua kami.

(3) Di lingkungan masyarakat, kebebasan berpendapat kami cukup luas. Contohnya kami diberi kesempatan untuk menyatakan pendapat  melalui wadah organisasi di lingkungan kami, seperti organisasi remaja mesjid. Namun, ada kalanya pendapat kami tidak diacuhkan karena kami masih muda.

(4) Kami setuju, sehingga bisa melatih dan mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Namun sistem kurikulum 2013 ini cukup berat dipikul siswa.

(5) Kami bebas mengemukakan pendapat di sekolah. Asalkan dengan cara yang sopan dan pendapat yang masuk akal.

(6) Kami mengemukakan pendapat di sekolah biasanya dengan cara berbicara langsung, baik itu dengan wali kelas, guru bk, dan guru lainnya ataupun dengan teman sebaya.

(7) Kami diberi kesempatan saat guru memberikan kewenangan untuk berpendapat Tapi ada beberapa guru yang tidak memerdulikan hal itu, sehingga hanya bisa kami urungkan saja.

(8) Pendapat kami ada yang disetujui maupun ditolak. Disetujui apabila pendapat itu masuk akal dan dapat dilaksanakan, serta dengan cara yang sopan. Ditolak apabila tidak masuk akal dan tidak dapat dilaksanakan, serta dengan cara yang kurang sopan.