Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 72 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 11 halaman 72. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas Halaman 72, Buku siswa untuk semester 1 Kelas XI SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Mempelajari Teks Eksplanasi Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 72 Bahasa Indonesia Kls 11

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 72 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 72 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 72 [Kunci Jawaban]

Tugas
1. a. Daftarlah topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolahmu!
b. Susunlah topik-topik secara runtut ke dalam struktur eksplanasi: identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan!
c. Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah karangan eksplanasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang benar!
2. Lakukanlah silang baca dengan salah seorang teman dengan menggunakan rubrik penilaian berikut!

Jawaban :
(a) Daftar topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolah.
− Menjadikan internet sebagai mitra belajar.
− Teknologi komunikasi dan informasi dalam pembelajaran di kelas.
− Memublikasikan naskah di media internet untuk guru dan peserta didik.
− Menciptakan kelas yang menginspirasi.
− Bergaul dan berinternet sehat.

(b) Menyusun topik-topik berdasarkan struktur teks eksplanasi.
− Identifikasi fenomena: Teknologi dan informasi dalam pembelajaran di kelas; menjadikan internet sebagai mitra belajar.
− Proses kejadian: memublikasikan naskah di media internet untuk guru dan peserta didik; menciptakan kelas yang menginspirasi.
− Ulasan: bergaul dan berinternet dengan sehat.

(c) Mengembangkan kerangka menjadi teks eksplanasi.
Fenomena teknologi dan informasi saat ini berpengaruh pada kehidupan masyarakat terutama pelajar. Dengan adanya kedua hal tersebut dapat memudahkan kita untuk memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan lengkap. Namun, ada dua sisi yang melatarbelakanginya, sisi positif dan negatif. Sisi negatif sering kali pelajar memanfaatkannya dengan sesuatu yang kurang bermanfaat bagi perkembangan belajarnya di sekolah, yaitu dengan bermain game. Sementara itu, sisi positifnya setiap pelajar dapat memperoleh informasi tentang tugas-tugas pelajaran yang akan diselesaikannya serta dapat menambah pengetahuan ketika berada di kelas.

Tugas guru di kelas bukan hanya mengajarkan mata pelajaran melainkan juga bagaimana setiap pelajar dapat memahami, membuat, dan memublikasikan produk yang dibuatnya menjadi hal bermanfaat serta mampu diperoleh oleh setiap orang yang mengakses internet, misalnya tulisan-tulisan berupa puisi, cerita pendek, artikel yang berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. Dengan demikian, dapat menciptakan kelas yang menginspirasi baik bagi pelajar yang lain ataupun setiap pembaca yang mengakses internet.

Hadirnya internet sebagai bagian dari perkembangan teknologi dan informasi menjadikan setiap orang bisa mengakses/memperoleh informasi dengan cepat, akurat, dan lengkap. Positif dan negatifnya suatu media bergantung kepada penggunanya dalam memanfaatkan. Bergaul dan berinternet dengan sehat akan lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.


Jawaban Lainnya :
a. Topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolah saya
1. Pada tanggal 21 April, SMA merayakan hari kartini
2. Setiap peserta didik diwajibkan mengenakan pakaian adat
3. Bagi peserta didik putra mengenakan beskap
4. Peserta didik putri mengenakan kebaya
5. Ada perlombaan Kartono dan Kartini
6. Penilaian berdasarkan keluwesan, penampilan dan tata busana

b. Identifikasi Fenomena: 
1.  Pada tanggal 21 April, SMA merayakan hari kartini

Proses Kejadian: 
1. Setiap peserta didik diwajibkan mengenakan pakaian adat
2. Bagi peserta didik putra mengenakan beskap
3. Peserta didik putri mengenakan kebaya
4. Ada perlombaan Kartono dan Kartini

Ulasan: 
1. Penilaian berdasarkan keluwesan, penampilan dan tata busana
Pada tanggal 21 April 2020, SMA Negeri 1 Kartanegara menyelenggarakan peringatan hari Kartini. Oleh sebab itu, seluruh peserta didik diwajibkan untuk turut meramaikan kegiatan tersebut. Setiap peserta didik diwajibkan mengenakan pakaian adat jawa. Bagi peserta didik putra mengenakan beskap. Sementara peserta didik putri mengenakan kebaya. Mereka diwajibkan mengenakan adat jawa untuk meniru gaya pakain R.A. Kartini yang pada saat itu mengenakan pakaian adat jawa. Agar lebih seru, pada hari itu diselenggarakan perlombaan Kartono dan Kartini. Yakni perlombaan untuk memilih peserta yang memiliki gaya busana dan penampilan terbaik.