Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 98, 99 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 11 halaman 98, 99. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas Halaman 98, Buku siswa untuk semester 1 Kelas XI SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Mengelola Informasi dalam Ceramah Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 98 Bahasa Indonesia Kls 11

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 98, 99 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 98, 99 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 98, 99 [Kunci Jawaban]

Tugas
1. Dari sepuluh jenis topik yang didaftarkan di atas, tentukanlah sebuah topik yang menurutmu bagus untuk diceramahkan. Karena masih bersifat umum, perjelaslah topik tersebut agar lebih spesifik. Kemudian jelaskanlah kepada teman-teman alasan pemilihan topik itu berdasarkan empat pertimbangan di atas
 
2. Susunlah tujuan umum dan tujuan khusus dari topik yang telah kamu tentukan itu. Sajikanlah kegiatanmu itu ke dalam format berikut.
 
3. Susunlah kerangka untuk topik ceramah yang telah kamu rumuskan itu. Isi dan sistematika kerangka harus sesuai dengan tujuan yang telah kamu buat. Mintalah saran kepada teman-temanmu dalam penyusunannya agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jawaban 1 :
1.Topik Umum : Masalah keagamaan
Spesifik Topik : dalam agama ada yang namanya berpuasa. Jadi kita akan membaha tentang pentingnya berpuasa
Dasar Pemilihan : Pentingnya informasi mengenai aturan dan kewajiban dalam beragama

2.Topik : Pentingnya berpuasa dalam agama Islam
Tujuan umum : keagamaan memiliki tujuan sebagai informatif.
Tujuan khusus : Pendengar memperoleh manfaat berpuasa, pendengar memperoleh ilmu bahwa puasa memang sangat penting bagi kaum muslim

3. Topik : Pentingnya berpuasa dalam agama Islam
a. Pembuka (tesis,pengenalan isu)
Masyarakat banyak sekali tanpa sadar menyepelekan tentang wajibnya berpuasa.sering kali banyak masyarakat mulai dari kalangan muda hingga dewasa tidak berpuasa tanpa alasan yang sudah ditetapkan dalam aturan agama.Mereka beranggapan bahwa puasa bisa diganti kapan saja.Meskipun pernyataan ini benar.tetapi bukankah puasa di hari yang ditetapkan Islam jauh lebih baik? dan mendapat banyak manfaat pula.
b. Isi (rangkain argumen)
Fenomena tersebut menunjukkan adanya penurunan standar moral, agama, dan tata nilai yang berlaku dalam masyarakat itu.Banyak anak muda jaman sekarang lupa bahwa ia terikat aturan beragama.Namun masih saja banyak anak jaman sekarang yang menyepelekan.
c. Penutup (penegasan)
Berpuasa sudah menjadi kewajiban bagi semua umat Islam.Maka dari itu kita selaku umat islam hendaknya mematuhi aturan agama yang sudah terikat pada kita.dan jangan menyepelekannya.


Jawaban 2 :
1. Topik Umum: hobi dan keterampilan
Spesifikasi: Keterampilan menulis
Dasar pemilihan: Memberikan informasi ke masyarakat agar mengetahui bahwa hobi menulis bisa dikembangkan untuk mencari penghasilan.

2. Topik: Mengembangkan Hobi Menulis
Tujuan Umum: Menyalurkan kegemaran atau bakat
Tujuan Khusus: Memperoleh penghasilan dari kegiatan menulis

3. Topik : Keterampilan Menulis
a. Pembuka (tesis, pengenalan isu)
Sebagian besar orang memiliki hobi. Salah satunya menulis. Hobi menulis selain untuk memuaskan dan menyalurkan ide, gagasan atau pendapat juga bisa digunakan untuk memperoleh penghasilan

b. Isi (rangkaian argumen) .
- Di toko buku selalu dijual buku-buku baru dari berbagai penulis
- Tokoh seperti Emha Ainun Nadjib, Eka Kurniawan, Andrea Hirata mendapat royalti dari penjualan buku.

c. Penutup (penegasan)
Melakukan kegiatan menulis secar serius dan profesional akan membuat anda meraih penghasilan yang tidak kecil.