Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 42 Latihan [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 12 halaman 42 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Tugas Halaman 42 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas XII SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Menikmati Cerita Sejarah Kelas 12 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kls 12 Tugas Hal 42

Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 42 Latihan [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 42 Latihan [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 42 Latihan [Kunci Jawaban]

Latihan
Setelah membaca kutipan novel tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Kapankah latar waktu cerita dalam kutipan novel sejarah di atas dibuat?
2. Di manakah latar dalam kutipan novel sejarah tersebut dibuat?
3. Peristiwa apa sajakah yang dikisahkan?
4. Siapa sajakah tokoh yang terlibat dalam penceritaan?
5. Di bagian apa sajakah yang menandakan bahwa novel tersebut tergolong ke dalam novel sejarah?

Diskusikanlah hasil kerja dengan teman satu kelompokmu. Untuk memperdalam jawaban-jawabanmu, bersama tim kelompok menelusuri lebih jauh mengenai kebenaran dari segi fakta dengan membaca buku-buku sejarah.

Jawaban :
1. Latar waktu cerita dalam kutipan novel sejarah Gajah Mada Bergelut dalam Takhta dan Angkara dibuat pada masa kerajaan Majapahit selepas meninggalkannya raja Jayanegara.

2. latar dalam kutipan novel sejarah Gajah Mada Bergelut dalam Takhta dan Angkara dibuat pada masa kerajaan Majapahit.

3. Peristiwa yang dikisahkan ialah adanya pemberontak di kerjaan Majapahit setelah meninggalnya Raja Jayanegara Mangkat.

Hingga akhirnya pemberontak tersebut berhasil dihentikan pihak kerjaan setelah pasukan Bhayangkara yang berbeda di bawah kepemimpinan Gajah Mada berhasil meluluhlantakkan para pemberontak.

4. Tokoh yang terlibat dalam penceritaan ialah Bhayangkara Lembu Pulung, Pradhabasu, Lembang Laut, Macan Liwung, Gagak bonggol, Bhayangkara Risang Panjer Lawang, Rung Samudra, Panjang Sempit, Kartika Sinumping Jayapura, Gajah Geneng, Gajah Enggon, Singa Paripan Sri Jayanegara.

5. Gajah Mada berhasil mempersatukan Nusantara, di mana Gajah Mada berhasil menumpas pemberontak Kuti.