Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 138 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 7 halaman 138. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 138, Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observasi Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Halaman 138 Bahasa Indonesia Kelas 7

Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 138 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 138 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 138 [Kunci Jawaban]

Setelah membaca contoh cara mencari gagasan pokok, sekarang secara individu tentukan gagasan pokok teks sesuai dengan bagian kelompokmu!
Gagasan pokok atau ide pokok adalah gagasan atau ide yang menjadi pokok atau pikiran utama dalam mengembangkan paragraf suatu bacaan. Jadi, gagasan pokok adalah inti bahasan dari suatu paragraf.

Setelah membaca cara menentukan gagasan utama tersebut, bacalah kembali teks laporan hasil observasi pada pelajaran sebelumnya! Carilah kalimat utama dan gagasan pokok sesuai yang diperintahkan!
Teks1 'Hutan Bakau'
Paragraf 2
  • Kalimat utama : Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai.
  • Gagasan utama : Hutan bakau bagian dari ekosistem pantai.

Teks 2 'Museum'
Paragraf 2
  • Kalimat utama : Fungsi museum yang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.
  • Gagasan utama : Fungsi utama museum sebagai cagar budaya.

Paragraf 3
  • Kalimat utama : Jenis museum berdasarkan koleksi yang dimiliki dibedakan menjadi dua jenis yaitu museum umum dan museum khusus.
  • Gagasan utama : Museum dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan koleksi

Teks 3
Paragraf 3
  • Kalimat utama : Manggis juga memiliki ciri khusus pada bunganya . Bunga manggis disebut bunga berumah dua.
  • Gagasan utama: ciri khusus pada buah manggis