Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 153 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 7 halaman 153-154. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 153. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 4 Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observasi Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Halaman 153 Bahasa Indonesia Kelas 7

Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 153 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 153 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 153 [Kunci Jawaban]

Diskusikan prinsip penulisan imbuhan asing! Buatlah contoh penulisan yang salah dan yang benar!
Imbuhan asing dapat diperoleh dari bahasa daerah maupun bahasa asing. contoh dari bahasa daerah: tuna + wisma. seharusnya dipisah, bukan disambung menjadi tunawisma. contoh dari bahasa sansekerta : pra sejarah, seharusnya disambung menjadi prasejarah. contoh dari bahasa asing: sejarah+wan, seharusnya ditulis sejarawan, bukan sejarahwan.

Latihan Menelaah Kesalahan Penggunaan Bahasa dan Tanda baca/ejaan

Jawaban:
Museum yaitu tempat penyimpanan benda bersejarah
  • Seharusnya: Museum adalah tempat penyimpanan benda bersejarah.
  • Pembahasan: Huruf pertama dalam kalimat seharusnya ditulis dengan huruf besar atau kapital. Kemudian kata hubung atau konjungsi untuk menjelaskan satu hal saja menggunakan “adalah”, sedangkan untuk lebih dari satu hal menggunakan “yaitu”

Jika ditinjau dari bentuknya,maka terumbu karang dibagi menjadi tiga kategori.
  • Seharusnya: Jika ditinjau dari bentuknya, maka terumbu karang di bagi menjadi tiga kategori.
  • Pembahasan: Setelah koma, harus ditulis spasi sebelum kata berikutnya. Kemudian, kata “di” untuk menunjukkan temat dipisah dari kata berikutnya.

 

Sesuai dengan peraturan yang ada,maka dilarang berburu di taman nasional Way Kambas.
  • Seharusnya: Sesuai dengan peraturan yang ada, maka dilarang berburu di Taman Nasional Way Kambas.
  • Pembahasan: Setelah koma, harus ditulis spasi sebelum kata berikutnya. Kemudian, “Taman Nasional” ditulis dengan huruf besar karena merupakan nama dari lokasi.