Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 151 Kegiatan 5.9 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 8 halaman 151. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 5.9 Halaman 151, Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Urutan Cerita Menarik dalam Eksplanasi Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Kegiatan 5.9 Halaman 151 Bahasa Indonesia Kelas 8 

Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 151 Kegiatan 5.9 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 151 Kegiatan 5.9 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 151 Kegiatan 5.9 [Kunci Jawaban]

Kegiatan 5.9
A. 1. Daftarlah topik yang berkaitan dengan sebuah kejadian alam, sosial, ataupun budaya yang ada di sekitarmu!
2. Susunlah topik-topik secara runtut ke dalam struktur eksplanasi, seperti identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan!
3. Kembangkan kerangka itu menjadi sebuah teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaannya yang benar!

Jawaban 1 :
2. Topik: bencana tsunami
Identifikasi fenomena: bencana tsunami
Proses kejadian: Tsunami adalah gelombang besar yg terbentuk akibat gempa bumi, longsor, letusan gunung berapi atau peristiwa lainnya di laut /samudera.
Ulasan : Tsunami adalah sebuah bencana alam yg terjadi karena ada gempa dalam laut yg menyebabkan air laut menjadi ombak yg sangat besar yg menuju kearah daratan yg berada disekitar laut tersebut

3.
Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 151 Kegiatan 5.9 [Kunci Jawaban]


Jawaban 2 :
nomor 1:  
Topik: Bencana Tsunami.
 
nomor 2:  
Identifikasi fenomena: Bencana Tsunami  
Proses kejadian: tsunami terjadi karena adanya gempa bumi dan sebuah letusan gunung berapi di dasar laut.  
Ulasan: tsunami merupakan sebuah bencana alam yang terjadi karena ada gempa dalam laut yang menyebabkan air laut menjadi ombak yang sangat besar.

nomor 3:
Bencana Tsunami

        Tsunami adalah bencana alam yang menjadi mimpi buruk seluruh umat manusia, tidak hanya di Indonesia melainkan di dunia. Getarannya yang menerjang wilayah pantai menjadikan tsunami dapat dengan cepat menghancurkan banyak bangunan dan merenggut banyak korban. Penanganan dan pencegahan dampak tsunami pun senantiasa dilaksanakan, salah satunya dengan memahami terjadinya tsunami. Tsunami berasal dari lautan, terdapat dua kemungkinan peristiwa yang dapat menyebabkan tsunami yaitu gempa bumi dan letusan gunung berapi di bawah laut. Gempa bumi dapat mengakibatkan tsunami yang biasanya mengakibatkan patahan lempeng atau salah satu lempeng tiba-tiba jatuh atau menghujam ke bawah.    

        Pergerakan lempeng ini kemudian akan membuat air laut turun secara tiba-tiba, sambil di saat yang bersamaan melepaskan energi dalam jumlah yang sangat besar. Hal inilah yang kemudian memicu terdorongnya kembali air laut dalam jumlah yang sangat besar ke seluruh arah, termasuk arah pantai. Selain itu, jika terjadi letusan gunung berapi di bawah laut, letusan itu dapat mempengaruhi tinggi permukaan air yang berada di sekitarnya. Energi besar yang terlepas dari proses letusan gunung berapi memicu bergeraknya air ke seluruh arah, termasuk arah pantai. Semakin dekat gelombang tsunami ke arah daratan, ketinggian gelombang akan semakin tinggi. Hal ini akan meningkatkan jumlah energi potensial yang terkandung di dalam gelombang. Inilah yang memicu terjadinya serangan dalam jumlah masif ketika tsunami terjadi. Tsunami tidak dapat dicegah, tetapi dampaknya dapat diminimalisir. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu waspada. Kita harus mempelajari terjadinya tsunami sehingga dapat mengetahui langkah terbaik yang harus dilakukan ketika tsunami terjadi. Saat tsunami terjadi, segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, setidaknya 30 meter di atas permukaan air laut.