Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 13 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 9 halaman 12, 13. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 2 : Mencermati Informasi Halaman 12, Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Melaporkan Hasil Percobaan Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13).  Kunci Jawaban Kegiatas 2 Hal 12 Bahasa Indonesia Kls 9

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 12, 13 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 12, 13 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 13 [Kunci Jawaban]

Kegiatas 2 : Mencermati Informasi

B. Menyimpulkan Informasi Laporan Percobaan
Pertanyaan:
1. Manakah informasi yang lebih jelas?
2.Manakah informasi yang lebih lengkap?
3.Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan kelengkapan informasi?
4.Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan struktur penyajian?
5. Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan unsur kebahasaan (tata bahasa,kata dan kalimat? yang digunakan?

Jawaban 1 :
1. Informasi yang lebih jelas terdapat pada teks Contoh 2.

2. Informasi yang lebih lengkap terdapat pada teks Contoh 3

3. Kejelasan informasi tidak selamanya berkaitan dengan kelengkapan informasi. Kejelasan informasi berkaitan dengan penjabaran suatu informasi. Sementara itu, yang dimaksud dengan kelengkapan informasi menyangkut jumlah ide yang dapat menjelaskan suatu informasi.

4. Kejelasan informasi berkaitan dengan struktur penyajian karena pada saat menjelaskan informasi, kita harus menempatkan kalimat-kalimat penjelas dalam struktur tertentu agar memudahkan para pendengar dan pembaca dalam memahami teks tersebut.

5. Ya, kejelasan informasi berkaitan erat dengan unsur kebahasaan (tata bahasa, kata, dan kalimat) yang digunakan. Dengan kata lain, setiap penjelasan harus menggunakan kalimat yang efektif. Hal ini untuk memastikan setiap pembaca dan pendengar dapat memahami seluruh isi atau makna informasi. Dalam Bahasa Indonesia, hal ini dapat dilakukan hanya dengan memperhatikan unsur-unsur kebahasaan.


Jawaban 2 :
1. Contoh 3

2. Contoh 1

3. Kejelasan informasi berkaitan dengan kelengkapan informasi, tapi tidak ditentukan olehnya. Pada dasarnya, semakin lengkap informasi, maka informasi dapat disampaikan dengan semakin jelas, asalkan didukung dengan struktur dan tata bahasa yang baik.

4. Ya, kejelasan informasi berkaitan dengan struktur penyajian. Semakin baik struktur penyajian suatu teks, semakin sesuai penempatan suatu informasi dan semakin mudah untuk dipahami.

5. Ya, kejelasan informasi berkaitan dengan unsur kebahasaan karena pada dasarnya kejelan informasi terkait dengan kemudahan pemahaman teks. Semakin baik tata bahasa yang digunakan, semakin mudah dan jelas suatu informasi dipahami.