Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 38 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 9 halaman 37, 38. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Kegiatan 3 Halaman 38, Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Menyampaikan Pidato Persuasif Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13).  Kunci Jawaban Kegiatas 3 Hal 38 Bahasa Indonesia Kls 9

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 38 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 38 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 38 [Kunci Jawaban]

Kegiatan 3 : Membuat ungkapan meyakinkan berdasarkan etika, emosi, dan logika.
Buatlah ungkapan untuk meyakinkan orang untuk menanam pohon

Jawaban :

Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas IX halama 37 adalah
1. Logika
2. Etika
3. Emosi 

1. Kita harus benar-benar memahami bahwa tanaman atau pepohonan adalah salah satu sumber daya yang sangat memengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup. Tidak hanya saat ini saja, tetapi juga di masa mendatang pula. (Etika)

2. Apakah terlalu sukar untuk menanam pohon? Kita telah hidup dengan sehat dengan adanya pepohonan saat ini? Bagaimana dengan anak cucu kita kelak? Sungguh tidak bijaksana jika kita menikmatinya saat ini, sedangkan anak cucu kita akan hidup dengan beraneka macam penyakit! (Emosi)

3. Mari kita pikirkan dengan baik masa depan anak cucu kita kelak. Saat ini banyak sekali penebangan liar dan penebangan tanpa menanam kembali, serta perluasan lahan dengan cara-cara yang merusak lingkungan dalam jangka waktu panjang. Jika kita meluang waktu dan ruang di halaman rumah kita untuk menanam pohon, maka kita telah berperan serta dalam menjaga kelangsungan hidup anak cucu kita kelak. (Logika)

Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas IX halaman 38 adalah
  1. Etika: Menanam pohon adalah suatu wujud rasa syukur kita kepada Tuhan yang telah memberikan kita segalanya. Kita pun harus menyadari bahwa manusialah yang seharusnya bertindak bijaksana dalam mengelolanya.
  2. Emosi: Kenapa kita tidak pernah memikirkan apa dampaknya baik anak cucu kita kelak apabila tidak ada satu pun tanaman di bumi ini? Apakah mereka dapat hidup dengan oksigen buatan?
  3. Logika: Seharusnya kita benar-benar peduli akan lingkungan, terutama dengan penanaman pohon. Meski tampaknya sederhana, tetapi mungkin sukar bagi kita untuk melakukannya.

Penjelasan:
Cara memersuasi ada tiga, yaitu
  1. Dengan etika, yaitu menggunakan pendekatan etika.
  2. Dengan emosi, yaitu dengan menggugah perasaan audiensi.
  3. Dengan logika, yaitu dengan memberikan pernyataan yang masuk akal.