Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 48 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 9 halaman 48, 49. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Halaman 48 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Menyampaikan Pidato Persuasif Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kegiatan 2 : Menulis Pidato Singkat. Kunci Jawaban Hal 48 Bahasa Indonesia Kls 9

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 48 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 48 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 48 [Kunci Jawaban]

Kegiatan 2 : Menulis Pidato Singkat

1. Konsumsi BBM, mau hemat atau boros?
2. Aturan sekolah tertentu yang perlu dikritisi jika ada.
3. Bersih dan hijau di lingkungan sekolah.
4. Narkoba.
5. Kesetiakawanan sosial sesama bangsa.
6. Hidup rukun dan damai, dan lain-lain yang perlu kamu sampaikan sebagai
bentuk kepedulian.

Jawaban :

Konsumsi BBM, Mau Hemat atau Boros?

Selamat pagi, bapak, ibu, dan saudara-saudari sekalian. Salah satu kebutuhan pokok kita dewasa ini adalah BBM atau bahan bakar minyak. BBM digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari transportasi hingga industri. Berkat BBM, kita dapat bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Namun, tidak dapat disangkal jika biaya yang kita keluarkan untuk membeli BBM cukup tinggi jika dibandingkan dengan pengeluaran sehari-hari lainnya. Tak jarang, jika ditotal, pengeluaran kita untuk membeli BBm dapat sama besarnya atau bahkan lebih besar dari pengeluaran kita untuk membeli bahan pokok.


JIka dilihat dari segi ekonomi, memang hal ini tidak menguntungkan terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan bulanan terbatas. Salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan transportasi umum. Namun opsi ini belum dianggap menjanjikan bagi beberapa pihak. Kemacetan di jalan dan masalah kenyamanan menjadi 2 alasan utama orang-orang masih rela mengeluarkan dana besar untuk membeli BBM untuk kendaraan pribadi dibandingkan harus menggunakan transportasi publik.

Pada akhirnya, memang jika kita ingin berhemat pengeluaran, menekan pengeluaran untuk membeli BBM adalah salah satu cara terbaik.


Lembar untuk tugas ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk menulis teks dan catatan suntingan.

Jawaban :
Bahaya Narkoba

Pembukaan Pidato Tentang Narkoba : 
Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Isi Pidato Tentang Narkoba : 
Hadirin yang saya hormati.

Mengkonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan dan juga perbuatan setan dan sekaligus perbuatan keji yang harus kita jauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tentram tidak ada satu kejahatan pun.

Janganlah sekali kali kita mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya maka kita akan rugi seumur hidup kita. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa. Mulai dari sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Penutup Pidato Tentang Narkoba : 
Hadirin yang saya hormati.

Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.