Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 85, 86 [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 9 halaman 85, 86. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Halaman 85 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Menyusun Cerita Pendek Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kegiatas Literasi. Kunci Jawaban Hal 86 Bahasa Indonesia Kls 9

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 85, 86 [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 85, 86 [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 85, 86 [Kunci Jawaban]

Kegiatan Literasi
Laporan Membaca Kumpulan Buku Cerpen

1.cerpen apakah yg menarik buatmu,mengapa?
Jawaban:

Bagi saya, cerpen yang cukup menarik adalah Pohon Keramat karya Yus R. Ismail yang versi desa Kalidoso. Cerpen ini cukup menarik bagi saya karena mengusung topik kondisi masyarakat yang cukup aktual yakni masyarakat yang masih percaya hal takhayul, korupsi pembangunan, serta keengganan pemerintah kala itu untuk melakukan pembangunan di daerah sebelum warganya bergabung dengan partai penguasa.

2.tokoh mana yg kamu sukai,mengapa kamu menyukainya?siapa pula tokoh yg tidak suka,mengapa?
Jawaban:

Saya menyukai tokoh Pak Lurah dan Pak Camat. Meskipun keduanya hanya disebutkan satu kali, namun mereka cukup mengesankan. Hal ini karena mereka mendukung pembangunan di desa itu. Ini adalah ciri pemimpin yang berorientasi pada rakyat.

Adapun tokoh yang tidak saya suka adalah Pak Thohir yang tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan fasilitas umum yang baru berumur satu tahun di desa tersebut, meskipun ia dan para pemborongnya yang membangun fasilitas tersebut.

3.adakah kalimat atau ungkpan cerpen yang mengesankan buatmu,apa itu?apa makna bagimu?
Jawaban:

Bagi saya, kalimat ini cukup mengesankan: Seperti oase, karena hanya desa itulah yang rimbun dengan berbagai tanaman tahunan, terutama buah-buahan seperti mangga, jambu, nangka, belimbing, dan paling banyak tumbuh pohon melinjo yang menjadi bahan baku kerajinan emping melinjo di daerah itu.

Hal ini karena kalimat ini memberikan gambaran yang tepat tentang keindahan desa di Indonesia. Keindahan inilah yang harus kita lestarikan.

4.tulis rekomendasi kepada temanmu:teman,harus kamu menbaca cerpen ini.bagus sekali karna
Jawaban:

Saya merekomendasikan cerpen ini kepada teman sekalian karena cerpen ini bisa membantu kita untuk memahami keadaan masyarakat yang terjadi di masa lalu ketika tak semua masyarakat bisa mendapat pelayanan dan pembangunan yang adil dan setara dari pemerintah. Banyak daerah yang diabaikan sehingga tak sedikit masyarakat yang beralih mempercayai hal takhayul. Keadaan masyarakat kala itu begitu sulit. Jika ingin mendapat layanan dan pembangunan dari masyarakat, penulis menggambarkan bahwa masyarakat harus bergabung dengan partai pemerintah.