Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Carilah ayat dan hadis yang berhubungan dengan menghindarkan diri dari tindak kekerasan!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 11 halaman 195 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Aktivitas Siswa Halaman 195 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XI SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 11 Toleransi sebagai Alat Pemersatu Bangsa Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kls 11 Tugas Hal 195 Tugas

Carilah ayat dan hadis yang berhubungan dengan menghindarkan diri dari tindak kekerasan!
Carilah ayat dan hadis yang berhubungan dengan menghindarkan diri dari tindak kekerasan!

Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 195 Aktivitas Siswa

Tugas :

1. Carilah ayat dan hadis yang berhubungan dengan menghindarkan diri dari tindak kekerasan!
Jawaban:

اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ اِخۡوَۃٌ فَاَصۡلِحُوۡا بَیۡنَ اَخَوَیۡکُمۡ وَ اتَّقُوا اللّٰہَ لَعَلَّکُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ

           Artinya: “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Qs. Al-Hujurat : 49)

___________

وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

          Artinya: “...dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Qs. Al-Baqarah : 195).

___________

مَا شَيْءٌ أَثْقَلُ فِيْ مِيْزَانِ الْمُؤْمِنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ خُلُقٍ حَسَنٍ وَإِنَّ اللهَ لَيُبْغِضُ الْفَاحِشَ الْبَذِيْءَ

           Artinya: “Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin di hari Kiamat melainkan akhlak yang baik, dan sesungguhnya Allah sangat membenci orang yang suka berbicara keji dan kotor.” (HR. At-Tirmidzi)
2. Jelaskan pesan-pesan yang terdapat pada ayat dan hadis yang kamu temukan itu
Jawaban:

Pesan yang terdapat dalam ayat dan hadits tersebut adalah merupakan sebuah kewajiban bagi orang-orang yang beriman untuk menghindarkan diri dari tindak kekerasan, selain karena setiap orang yang beriman adalah saudara, tindak kekerasan merupakan perbuatan tercela yang tidak diridhai oleh Allah SWT, perbuatan tersebut hanya akan menjatuhkan diri dalam kebinasaan dan mempersulit seseorang dalam menghadapi kehidupan di akhirat.
3. Hubungkan pesan-pesan ayat dan hadis tersebut dengan kondisi objekif di lapangan yang kamu temui!
Jawaban:

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak sedikit orang yang masih sering menjatuhkan dirinya dalam tindak kekerasan. Mulai dari melakukan KDRT, aksi bullying di sekolah, tawuran di lingkungan masyarakat, dsb. Hal-hal yang demikian dapat terjadi salah satunya oleh faktor jauhnya diri dari Sang Pencipta. Bagaimanapun alasanya, tindak kekerasan sangat tidak dibenarkan oleh agama Islam. Apabila para pelaku tindak kekerasan tidak segera bertaubat, dikhawatirkan kelak dirinya akan mendapatkan kesulitan dan kesukaran dalam menghadapi kehidupannya di akhirat.