Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cermatilah kegiatan-kegiatan keislaman di sekolahmu atau di tempat tinggalmu!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 11 halaman 167 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Aktivitas Siswa Halaman 167 dan 179 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XI SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 10 Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kls 11 Tugas Hal 179 Aktivitas Siswa

Cermatilah kegiatan-kegiatan keislaman di sekolahmu atau di tempat tinggalmu!
Cermatilah kegiatan-kegiatan keislaman di sekolahmu atau di tempat tinggalmu!

Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 167 Aktivitas Siswa

Aktivitas Siswa:

1. Cermatilah kegiatan-kegiatan keislaman di sekolahmu atau di tempat tinggalmu!
Jawaban:

Kegiatan keislaman di sekolah saya yang rutin diadakan adalah infak setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, serta salat Jumat. Ada pula kegiatan-kegiatan pada Ramadhan, seperti pengajian dan pesantren kilat. Dan syawalan pada bulan Syawal.

Kegiatan keislaman di tempat tinggal saya bagi remaja adalah pengajian setiap Jumat sore dan remaja mengorganisir kegiatan-kegiatan yang berlangsung selama Ramadhan.
2. Bagaimana tanggapan teman-temanmu yang muslim terkait kegiatan yang diadakan tersebut?
Jawaban:

Kegiatan keislaman di sekolah saya merupakan kegiatan wajib bagi seluruh siswa. Siswa hanya melakukan rutinitas sesuai jadwal saja, tidak ada pendalaman lebih mengenai materi keislaman. Hal ini disebabkan sekolah saya adalah sekolah negeri, yang seluruh kegiatan keislaman hanya sebagai penguatan saja, bukan pemantapan.

Contoh pada pengisian kontak infak. Banyak siswa yang tidak mengisinya karena uang saku lebih banyak digunakan untuk jajan. Salat Jumat wajib dilaksanakan bagi seluruh siswa, tapi hanya sebagai formalitas setiap hari Jumat saja. Kegiatan-kegiatan pada Ramadhan juga sekadarnya saja. Hanya kegiatan buka bersama saja yang paling dinanti oleh para siswa.

Mungkin kegiatan keislaman di sekolah negeri dan sekolah swasta sangat jauh berbeda. Karena sekolah-sekolah tersebut memang berbasis agama yang fokus untuk memperdalam agama, selain ilmu-ilmu lainnya.

Kegiatan keislaman di tempat tinggal saya pun tidak jauh berbeda dari kegiatan keislaman di sekolah saya. Mungkin karena lingkungan tempat tinggal saya adalah di kota, yang orang-orangnya sudah sibuk dengan urusan keduniawian. Banyak orangtua yang bekerja hingga lupa mengingatkan anaknya untuk ikut pengajian di masjid dan melakukan kegiatan-kegiatan Ramadhan. Sehingga, kemakmuran masjid di lingkungan saya hanya dipenuhi oleh orang-orang tua yang selalu salat jemaah tepat waktu dan rutinitas pengajian orang tua saja.