Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 7 halaman 13. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Ayo Kita Latihan Halaman 13 Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Ayo Kita Latihan Hal 13 IPA Kls 7

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan
Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan

Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 13 Ayo Kita Latihan

1. Apakah yang dimaksud dengan mengukur? Dalam melakukan pengukuran, mengapa harus dipergunakan satuan pengukuran yang baku? 
2. Berilah contoh besaran yang satuannya dalam SI adalah sekon (detik). 
3. Neptunus adalah salah satu planet dalam tata surya kita. Jarak Neptunus dengan Matahari adalah 30 SA. Berapa jarak ini dalam kilometer? 
4. Mengapa semua ilmuwan dan produsen (penghasil) barang-barang pabrik di seluruh dunia harus melakukan pengukuran dengan menggunakan satuan baku yang sama?

Jawaban :
1. Mengukur adalah membandingkan antara satu besaran dengan besaran lainnya yang sejenis sebagai acuan. Misalnya mengukur lebar meja dengan penggaris.

Dalam melakukan pengukuran dipergunakan satuan pengukuran yang baku agar hasil pengukuran yang dihasilkan sama diseluruh dunia meskipun dilakukan pengukuran oleh pengukur yang berbeda-beda.

2. Contoh besarannya adalah waktu.
Misal waktu tempuh pelari sprint 100 meter dalam ajang olimpiade.

3. Jarak ini dalam kilometer :
1SA = 150 juta kilometer
30 SA = 30 x 150 juta kilometer
30 SA = 4500 juta kilometer

4. Melakukan pengukuran dengan satuan baku atau SI adalah agar hasil yang diukur tetap sama meskipun dilakukan oleh ilmuwan dan produsen yang berbeda-beda.