Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 115 Aktivitas Kelompok

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPS untuk Kelas 8 halaman 115. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPS Aktivitas Kelompok Halaman 115. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN Kelas 8 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok IPS Kls 8 Hal 115

Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 115 Aktivitas Kelompok
Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 115 Aktivitas Kelompok

Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 115 Aktivitas Kelompok

Aktivitas Kelompok
1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang. 
2. Carilah sumber dari buku atau internet tentang contoh peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia. 
Jawaban :

a) Sebagai Daya Tarik Bangsa Asing
Indonesia merupakan salah satu negara destinasi wisata terbaik di dunia. Keanekaragaman alam dan budaya yang ada di Indonesia menjadi daya tarik bagi para wisatawan manca negara.

b) Mengembangkan Kebudayaan Nasional
Kebudayaan nasional merupakan suatu kebudayaan yang didukung oleh sebagaian besar warga suatu negara yang memberikan identitas terhadap warga. Dengan memiliki keanekaragaman budaya daerah maka dengan sendirinya akan membentuk sebuah budaya yang diakui oleh seluruh elemen bangsa yang disebut dengan kebudayaan nasional.

c) Tertanamnya Sikap Toleransi
Keragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia menyadarkan masyarakat bahwa pada hakikatnya manusia memiliki perbedaan sehingga masyarakat Indonesia harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada.

d) Saling Melengkapi Hasil Budaya
Beragamnya kebudayaan yang ada di Indonesia memunculkan akulturasi budaya. Yaitu bercampurnya 2 kebudayaan tanpa menghilangkan budayanya itu sendiri. Sebagai contoh, Batik yang berasal dari Jawa berakulturasi dengan budaya dari daerah lain sehingga corak dari Batik mengikuti daerah tersebut.

e) Mendorong Inovasi Kebudayaan
Inovasi kebudayaan adalah perubahan dari suatu yang sudah ada dan berekembang sebelumnya akbiat dari adanya akulturasi dan asimilasi budaya.
3. Tuliskan kesimpulanmu di dalam kertas. 
Jawaban :

Keragaman budaya di Indonesia memiliki banyak peran dan fungsi dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Peran yang paling utama di masyarakat adalah tertanamnya sikap toleransi. Hal tersebut sangat penting karena di dalam keberagaman pasti akan ada suatu pemicu yang dapat merusak keberagaman tersebut. Sehingga sebagai warga negara Indonesia kita harus terus menjaga dan melestarikan kebudayaan di Indonesia.
4. Presentasikan hasil simpulan di dalam kelas. 
5. Tulisan simpulan hasil diskusi kelas dan bagikan ke seluruh siswa.